Koin RPM, Wujud Sosial Pemuda ‎untuk Warga

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Kesejahteraan bagi setiap warga masyarakat merupakan idaman semua orang. Berbagai upaya, demi meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa telah lama dirancang serta diterapkan dalam siasat realisasi pemerintahan. Sejurus pada tujuan itu pula, sejumlah pemuda yang terhimpun dalam kelompok Remaja Pule Mandiri (RPM) melakukan sebuah upaya sosial yang berbentuk Koin RPM.

Sub-Karang Taruna Desa Simo, Kecamatan Soko yang berpusat di Dusun Pulerejo itu menggagas koin RPM sebagai wadah kepedulian sesama, dalam giat koin kaleng sosial yang diperuntukkan khusus ‎bagi warga lingkungan setempat.

"Kaleng tersebut diletakkan bergantung di depan rumah warga untuk diisi koin seikhlasnya. Kalau pun mau ngasih uang kertas, ya gak apa-apa," terang Arif Sugiharto selaku ketua RPM.

Lelaki yang sedang menempuh studi akhir jurusan S1 Hukum itu menambahkan, keberadaan program koin sosial tersebut sedikit banyak mencuplik dari gerakan Koin NU.

"Kaleng yang digantung, setiap malam hari tertentu nantinya akan diambil sesuai jadwal ronda," tambah Arif.

Di sisi lain, keberadaan Koin RPM yang sudah berjalan hampir 3 bulan ini akan digunakan untuk aktivitas ‎sosial lingkungan. Baik itu santunan anak yatim piatu, dhuafa, program kesehatan, maupun melengkapi sarana prasarana lingkungan dengan dana pribadi asal koin RPM.

"Semoga bisa terus berjalan ‎dengan lancar, sehingga mampu meningkatkan kemandirian mengatasi persoalan sosial," pungkas pemuda berkacamata itu. [feb/col]