Disapu Puting Beliung, 79 Rumah dan 1 Sekolah Rusak

Reporter: Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Desa Siding, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, Jawa Timur disapu angin puting beliung, Minggu sore (23/12/2018). Akibatnya, 79 rumah warga dan beberapa fasilitas umum rusak. 

Informasi yang berhasil dihimpun blokTuban.com, Senin (24/12/2018) pagi menyebutkan, terdapat tiga bangunan yang rusak berat. Pertama, kandang sapi milik Yatman (45) dan rumah milik Karju (65) roboh. Selanjutnya, bangunan sekolah Taman Kanak-kanak (TK) Dharma Wanita tertimpa pohon Meh. 

"Untuk kandang dan rumah kerugian masing-masing ditaksir sekitar Rp10 juta. Sedangkan yang TK sekitar Rp50 juta," terang Kapolsek Bancar AKP Chakim Amrullah, Senin (24/12/2018). 

Selain tiga bangunan tersebut, menurut Kapolsek Bancar terdapat 45 unit rumah mengalami rusak parah dan 31 unit mengalami rusak ringan. Kerusakan rata-rata terjadi pada bagian genteng atau atap lantaran rontok disapu angin. 

Ditambahkan Chakim, dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Namun kerusakan material ditaksir keseluruhannya mencapai Rp 250 juta. 

"Aktivitas proses belajar mengajar TK Dharma Wanita Desa Siding akan terganggu, karena gedung yang digunakan untuk belajar mengajar kondisinya rusak berat," ucapnya menambahkan. 

Akibat insiden tersebut, aparat gabungan dari Polsek Bancar dan Koramil 0811/12 Bancar bersama Pemerintah Desa setempat mendirikan posko di rumah warga. Posko tersebut akan digunakan untuk melakukan pendataan. [rof/ono]