PT. TPPI Tingkatkan Kompetensi dan Keahlian Pemuda

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - PT. Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) terus meningkatkan kompetensi dan keahlian pemuda di sekitar perusahaan. Baik dari Desa Purworejo, Desa Remen dan Desa Tasikharjo Kecamatan Jenu. Salah satuntya adalah penyiapan skill tenaga kerja dengan pelatihan pengelasan bersertifikat 3G. Kegiatan ini digelar PT. TPPI bekerjasama UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Tuban Tuban, Jumat (21/12/2018).

Hasil karya pengelasan kontainer sampah diserahterimakan UPT BLK Tuban kepada PT. TPPI di kantor UPT BLK, Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo. Selanjutnya PT. TPPI menyerahkan kontainer tersebut ke Desa Purworejo Kecamatan Jenu, sebagai bentuk tangggung jawab dan corporate social responsibility (CSR) PT. TPPI. 

Prosesi penyerahan dihadiri General Manager PT. TPPI Sugeng Firmanto, kepala UPT BLK Tuban Sigit Priyanto, Camat Jenu Moh. Maftuchin Riza, dan kepala desa Purworejo Kecamatan Jenu dan tamu undangan. 

‘’Semoga ini bisa bermanfaat untuk masyarakat Tuban. Dan anak latih kita bisa berkarya dan mandiri. Hasi karya dari siswa ini disupport dana dari PT. TPPI,’’ ujar Kepala UPT BLK Tuban Sigit Priyanto.  

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terutama PT. TPPI. Dengan harapan nantinya bisa direplikasikan dan bisa ditindaklanjuti secara berkesinambungan. 

Sementara, General Manager PT. TPPI Sugeng Firmanto dalam sambutannya mengatakan kegiatan itu adalah upaya PT. TPPI ikut mendorong ekonomi masyarakat sekitar khususnya di wilayah ring 1 dalam mengembangkan sosial ekonomi. Khususnya dalam meningkatkan keahlian masyarakat di wilayah ring 1 dan Tuban pada umumnya. 

‘’Kesempatan memberikan pelatihan pengelasan sudah dilakukan PT. TPPI sejak 2016. Ini sudah yang ketiga, dan Alhamdulillah bisa konsisten. Mudah-mudahan dengan dorongan bapak-bapak, PT. TPPI semakin maju,’’ harapnya.  

Kesuksesan program ini, lanjutnya, berbanding dengan keahlian yang diperoleh. Sebab, peserta pelatihan sudah memiliki sertifikat 3G. Artinya, ungkap dia, output dari pelatihan di UPT BLK Tuban diterima oleh industri, termasuk TPPI.  

‘’Banyak lulusan UPT BLK Tuban tersebar hingga tahun ini TPPI nggak kebagian. Mungkin secara organik tidak, tetap bisa diambil oleh vendor-vendor di lingkungan TPPI pada kegiatan pengerjaan sejenis,’’ tegasnya. 

Menurut dia, hasil karya yang telah ada ini memberikan pesan pada masyarakat bahwa untuk membuang sampah tidak sembarang tempat. Sehingga akan membuat desa semakin bersih. ‘’Terima kasih kepada UPT BLK Tuban yang telah memberikan fasilitas dalam menyalurkan salah satu tugas tanggung jawab CSR PT. TPPI,’’ pungkasnya. 

Sedang CSR and Public Relation Section Head PT. TPPI Taheran Sidik Prabowo menambahkan, pemberian fasilitas kontainer sampah ini bertujuan untuk memutus rantai pembuangan sampah warga ke laut.  Selain  akan mencemari lingkungan laut dan imbasnya akan berdampak kepada masyarakat di pesisir pantai.  

Selain itu, juga akan berakibat buruk terhadap TPPI yang memiliki fasilitas mesin proses pemanfaatan air laut menjadi air tawar yang digunakan sebagai air pendingin mesin. Sehingga dapat disimpulkan bahwa 1 program ini mendapatkan 3 manfaat secara terintegrasi. 

Yakni pertama, program pembinaan ekonomi masyarakat melalui pelatihan pengelasan berbasis kompetensi. Kedua, program kebersihan lingkungan dengan memberikan sarana pembuangan sampah dan fasilitasnya. 

Ketiga, program pengurangan volume sampah di kawasan pesisir  perairan terdampak terutama yang digunakan untuk mengolah air tawar oleh TPPI. Sehingga memiliki pengaruh ekonomis terhadap TPPI itu sendiri, karena dapat menekan biaya pemeliharaan pompa air laut yang diakibatkan oleh perilaku pembuangan sampah ke laut,’’ tegasnya. 

‘’Mudah-mudahan program cerdas ini juga dapat ditiru oleh CSR dari perusahaan disekitar kita untuk menyelamatkan bumi kita dari sampah terutama sampah-sampah plastik yang tidak bisa dihancurkan,’’ pungkasnya. 

Camat Jenu Moh. Maftuchin Riza mengucapkan terima kepada PT. TPPI yang telah peduli melalui program CSR perusahaan.

 ‘’Alhamdulillah hasilnya nyata ada di depan kita semua. Dan ini akan disumbangkan ke pemerintah desa ring 1 PT.TPPI, yakni Desa Purworejo. Karena Desa Remen dan desa Tasikharjo juga telah mendapatkan pada 2016 dan 2017,’’ ungkap dia.  

Dijelaskan Riza, sapaan akrabnya ini, tidak hanya bantuan berupa kontainer untuk desa ring 1 saja. Namun, segala bentuk retribusi pengangkutan sampah ke TPA telah ditanggung oleh PT. TPPI. 

Oleh karena itu, kepedulian luar biasa dari PT. TPPI ini patut disyukuri. Dengan harapan kegiatan yang sudah bersinergi ini berlanjut. 

‘’Mudah-mudahan dengan penyerahan hasil pelatihan bisa mengurangi sampah. Terima kasih kepada PT. TPPI dan UPT BLK Tuban. Semoga kegiatan yang sudah berjalan 3 tahun ini berkelanjutan dan membawa manfaat untuk masyarakat utamanya ring 1,’’ harapnya. [hud/ono]