Lestarikan Budaya di Usia ke-725 Kabupaten Tuban

Reporter: Nidya Marfis H. 

blokTuban.com - Semarak Hari Jadi ke-725 Kabupaten Tuban sudah dimulai sejak awal Oktober lalu. Sebanyak 31 kegiatan digelar Pemkab bersama masyarakat. Di antara aneka kegiatan itu, bersama Pemerintah Kabupaten Tuban menyuguhkan pagelaran wayang kulit Ki Sigit Ariyanto pada Sabtu, 1 Desember lalu. Dalang asal Jawa Tengah ini telah berhasil menghibur masyarakat Tuban semalam suntuk di tengah Alun-Alun Kota Bumi Wali tersebut.Seminggu sebelum pagelaran Wayang, EMCL juga telah mendukung penyelenggaraan Festival Tongklek. Alunan musik tradisional para pecinta tongklek telah menampilkan tontonan menarik bagi warga di sepanjang jalan Kota Legen itu.

e2

“Kami mengucapkan selamat Hari Jadi ke-725 Kabupaten Tuban. Semoga Tuban lebih maju dan lebih sejahtera,” ucap Kepala Fasilitas Lepas Pantai EMCL, Singgih Sugiharto yang memberikan sambutan saat pagelaran wayang kulit.

Di hadapan masyarakat Kabupaten Tuban yang antusias memadati alun-alun malam itu, Singgih mengaku bangga berkesempatan bisa bergembira bersama masyarakat. Pada saat yang sama, dia juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Tuban, khususnya para nelayan yang telah mendukung kesuksesan proyek negara di Lapangan Banyu Urip.

“Tanpa dukungan Pemerintah Kabupaten Tuban dan masyarakatnya, mungkin objek vital nasional ini tidak akan seaman saat ini,” ungkapnya. 

Secara khusus, Singgih sebagai penanggungjawab Kapal Alir Muat Terapung Gagak Rimang di lepas pantai Tuban, menyampaikan terima kasih kepada para nelayan yang telah bersama-sama menjaga keselamatan di sekitar Gagak Rimang. 

Dia juga menjelaskan bahwa semua kegiatan dan dukungan yang diberikan EMCL terlaksana atas persetujuan SKK Migas. Dalam hal ini, kata dia, SKK Migas mendukung berbagai aktivitas positif di masyarakat. SKK Migas berharap agar keberadaan usaha hulu migas membawa kesejahteraan di masyarakat.

“Kami ingin proyek negara ini dapat terlaksana aman dengan tingkat keselamatan yang tinggi dan mendapatkan dukungan dari masyarakat tetangga,” pungkas Singgih.

Wakil Bupati Tuban, H. Noor Nahar Husein menjelaskan bahwa peringatan hari jadi tahun ini, merupakan momentum yang tepat untuk semakin meningkatkan rasa syukur, bermuhasabah, serta evaluasi program dan capaian kinerja pemerintahan dan pembangunan yang telah dan sedang berjalan dalam rangka perumusan program strategis ke depan, untuk percepatan pembangunan menuju Tuban yang semakin maju dan sejahtera.

Untuk terwujudnya kesejahteraan masyarakat yang diiringi dengan meningkatnya daya saing daerah, pemerataan pelayanan publik yang berkualitas, serta meningkatnya kualitas kehidupan masyarakat secara menyeluruh, menurut Wabup, diperlukan berbagai upaya terobosan melalui strategi inovasi di semua bidang dengan optimalisasi terhadap semua potensi, serta penyesuaian terhadap permasalahan dan kebutuhan masyarakat terhadap kualitas pelayanan.

“Untuk itu, pada hari jadi tahun ini, kita mengambil tema Kerja Keras, Cerdas dan Ikhlas untuk Tuban Lebih Maju dan Sejahtera,” ucap Wabup dalam sambutannya.

e

Dalam sambutannya, Wabup menyampaikan terima kasih kepada EMCL yang selalu mendukung Pemerintah Kabupaten Tuban dalam berbagai program. Dia berharap, dukungan positif ini dapat terus dipertahankan bahkan ditingkatkan. “Semoga tahun-tahun berikutnya bisa terus meningkat,” ujarnya. [nid/col]

klik juga: Wayang Kulit dalang Ki Sigit Ariyanto