Pondasi Jembatan Tergerus Air, Akses Roda Empat Ditutup

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Hujan yang mengguyur di wilayah Kabupaten Tuban, beberapa hari terakhir mengakibatkan sebagian jembatan penghubung Kecamatan Bangilan dengan Kecamatan Tambakboyo pondasinya ambrol. Jembatan tersebut tepatnya berada di daerah Kedungkaloh, Dusun Tuwiwiyan, Kumpulrejo, Bangilan, Tuban.

Data yang berhasil dihimpun blokTuban.com menyebutkan, podasi bangunan jembatan bagian selatan tersebut runtuh ke dalam aliran sungai. Hal itu diduga akibat tergerus oleh arus air yang meningkat.

"Diduga akibat hujan kemarin. Volume sungai naik dan menggerus bagian pondasi jembatan," kata Kasie PMD Kecamatan Bangilan, Eko Umbar P. pasca meninjau jembatan, Minggu (16/12/2018).

Sebelumnya, pada Februari 2017 lalu jembatan menuju sumur tua Gegunung Pertamina (GGNP) tersebut juga sempat ambrol di sisi utara jembatan. Pada waktu itu, perusahaan KSO Pertamina EP yang memperbaikinya.

"Kalau dulu sisi utara, saat ini bagian selatan yang bawah," imbuh Eko.

Di lokasi, saat ini sudah dipasang rambu-rambu larangan melintas bagi roda empat. Bagi masyarakat yang biasa menggunakan jalur alternatif tersebut diharapkan mencari akses lain. [rof/ito]