Harap Ada Perhatian Pada Pohon yang Berpotensi Tumbang

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Pasca kejadian tumbangnya pohon dan menimpa mobil yang parkir di Jalan Basuki Rahmad Tuban, warga meminta kepada pemerintah untuk memperhatikan pohon yang berpotensi tumbang.

Seperti diketahui, hujan deras dan angin kencang yang mengguyur Tuban Kota,  sore hingga malam, Sabtu(15/12/2018) mengakibatkan pohon tumbang dan mengenai mobil yang sedang terparkir. Tumbangnya pohon tersebut  dikarenakan akar dari pohon, sebelumnya diduga telah ditebang oleh pekerjaan proyek pembangunan trotoar dan drainase. Banyak warga yang sudah  menyarankan untuk ditebang semuanya tapi tidak mendapatkan respon.

Ketua Rukun Tetangga(RT) 03, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Tuban, Triono menyampaikan, dengan pertumbuhan pohon yang semakin besar dan akar dari pohon menghambat saluran air, mengakibatkan bajir semakin bertambah setiap tahunnya di daerah itu. Untuk itu pemerintah melakukan penebangan akar pohon yang mengangu saluran ai. Namun, hal ini mengakibatkan kekuatan pohon yang berkurang.

"Pekerja memangkas setengah dari akarnya dan tidak memangkas rantingnya, sehingga kekuatan pohon berkurang,"ungkap Triono.

Lebih lanjut, agar hal seperti ini tidak terulang kembali, kata Triono, pohon yang sudah besar perlu dilakukan pemangkasan dan perawatan.

" Di daerah sini ada sekitar dua pohon besar yang berpotensi tumbang, diharpakan pemerintah untuk memperhatikannya bila perlu dilakukan reboisasi,"ungkapnya. [nid/ito]