Calon Pengurus BAMAG Tuban Sowan ke Bupati Tuban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sejumlah perwakilan Calon Pengurus Badan Musyawarah Antar Gereja (BAMAG) Kabupaten Tuban melaksanakan sowan dan menggelar pertemuan dengan Bupati Tuban, Fathul Huda, Kamis (13/12/2018).

Pertemuan itu, turut hadir Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Teguh Setyobudi, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Paraith, Asisten Pemerintahan Sekda Tuban, Joko Sarwono, perwakilan dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) serta perwakilan dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban.

Pada kesempatan itu, Eko Sumarno Calon Ketua BAMAG Tuban Periode 2018-2021 mengungkapkan maksud dan tujuan sowan ke Bupati Tuban yaitu untuk mengenalkan Calon Pengurus BAMAG Tuban yang baru, sekaligus meminta kehadiran Bupati Tuban pada acara pelantikan nanti yang dijadwalkan setelah  perayaan Natal.

“Kami berharap Bapak Bupati bisa hadir dan memberikan kata sambutan, adapun besar harapan pelaksanaan pelantikan pengurus bisa di lakukan di Pendopo Kridho Manunggal Tuban.” Ujar Eko Sumarno.

Pendeta di Gereja Betel Indonesia, Kelurahan Sendagharjo, Kabupaten Tuban ini menjelaskan, bahwa BAMAG merupakan wadah pertemuan untuk berkomunikasi dan urun rembuk diantara masyarakat (umat) Nasrani. Dan saat ini anggota dari BAMAG kurang lebih 5000 umat Nasrani yang tersebar di 43 gereja di Kabupaten Tuban

"BAMAG memiliki peran hampir sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) bagi umat muslim," imbuh Eko.

Sementara itu, Bupati Tuban, Fathul Huda menyambut baik kunjungan dari Calon Pengurus BAMAG Kabupaten Tuban, Bupati menyampaikan dukungannya untuk pelaksanaan pelantikan nanti yang direncanakan di Pendopo Kridho Manunggal.

"Pendopo adalah milik masyarakat sehingga siapapun boleh menggunakannya. Kecuali untuk acara berbau politik," terang Bupati.

Dengan terbentuknya kepengurusan yang baru, Bupati berharap BAMAG Tuban dapat ikut menjaga hubungan baik antar sesama umat nasrani dari berbagai gereja, serta dengan umat beragama lain di Bumi Wali Tuban. Selain itu, BAMAG diharapkan bisa berkontribusi aktif dalam bidang kemasyarakatan dan pembangunan di Tuban.

“Perbedaan pasti ada baik dengan umat yang seagama ataupun dengan umat agama lain, tugas kita saat ini adalah bersama-sama menghargai setiap perbedaan yang ada tersebut," pungkas Bupati Huda.[hud/ito]