Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Cabai di Tuban Naik

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2019, harga komoditas cabai di Pasar Baru Tuban mulai merangkak naik, Kamis (13/12/2018). Kenaikan tersebut terjadi sejak sepekan yang lalu.

Salah satu pedagang di pasar baru Tuban, Fathul Mu'in mengatakan, kenaikan harga komoditas cabai terjadi pada semua jenis, mulai cabai plompong yang naik dari Rp20 ribu perkilogram menjadi Rp32 ribu per kilogram.

Cabai rawit merah dari yang semula anatara Rp14-16 ribu perkilogram menjadi Rp20 ribu perkilogram, sedangkan cabai kriting dari yang sebelumnya kisaran Rp15-16 ribu per kilogram menjadi Rp20 per kilogram.

"Semua jenis cabai naik, sedangkan harga bawang merah stabil dan bawang putih turun," terang Fathul Mu'in saat ditemui blokTuban.com.

Menurutnya, selain harga komoditas cabai naik menjelang perayaan natal dan tahun baru, harga tersebut naik karena dipengaruhi oleh musim penghujan yang menyebabkan stok komoditas tersebut terbatas.

Hal senada juga disampaikan oleh pedagang lain, asal Desa Tasikmadu, Kecamatan Palang, Rumiatun. Menurutnya, harga komoditas cabai beberapa minggu ini memang harganya merangkak naik.

"Semua jenis cabai menjelang perayaan natal dan tahun baru ini harganya naik," pungkasnya. [hud/col]