Downhill dan Cross Country Bakal Digelar di Prunggahan Kulon

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Bumi Wali sebutan lain Kabupaten Tuban ditunjuk sebagai tuan rumah perhelatan Kejuaraan tingkat Provinsi (Kejurprov) Sepeda Balap. Dalam perhelatan itu, ada empat even yang bakal diselenggarakan di Bumi Wali mulai Jumat Hingga Minggu (14-16/12/2018) besok.

Kegiatan yang sudah dipersiapkan oleh panitia lokal dan Pengurus Provinsi (Pengprov) sejak satu bulan terakhir itu, rencananya akan diikuti sekitar 30 Kabupaten dan Kota di Jawa Timur.

Ketua Panitia Penyelenggara, Mudji Slamet mengatakan, empat Even itu masing-masing akan dilaksanakan di Desa Prunggahan Kulon untuk Montain Bike (MTB) dengan dua lokasi berbeda, yakni di Bukit Watu Rumpit, Dusun Gagah.

"Di Desa Prunggahan Kulon ada DH (Downhill) sama XC (Cross Country), tempat itu cukup baik dan sudah di survey oleh Pengprov ISSI Jatim, yang insyaAllah juga untuk kejuaraan Porprov 2019 mendatang," terang Mudji Slamet, Kamis (13/12/2018).

Dia menambahkan, selain Nomor MTB, Nomor Road Bike (RB) juga dilaksanakan dua kegiatan yakni Nomor Individual Time Trial (ITT) dan Criterium. Pada kompetisi ITT akan mengambil jalur Merakurak naik ke Montong, sedang Criterium akan menggunakan Jalan Letda Sucipto untuk arena kompetisinya.

"Jalur menanjak Merakurak menuju Montong jadi arena ITT, dan criteriumnya di Letda Sucipto," lanjut Mudji.

Sementara itu, perwakilan Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Jatim Junaidi mengatakan, Kejurprov itu akan menjadi Tes Even pelaksanaan Porprov Jatim 2019 yang juga telah menunjuk Kabupaten Tuban sebagai tuan rumah.

"Ini sebagai tes even, semoga pelaksanaan kejuaraan yang didukung Pemkab Tuban dan Kepolisian ini berjalan lancar sesuai target kami," kata Junaidi.

Diketahui, kegiatan balap sepeda yang menggunakan jalan raya akan melibatkan sedikitnya 150 personel keamanan dari kepolisian lalulintas Polres Tuban dan dinas perhubungan untuk pengamanan jalur. Selain itu juga petugas dinas kesehatan yang akan disiagakan untuk memberikan penanganan jika terjadi insiden selama kegiatan. [hud/rom]