Karang Taruna Socorejo Bantah Ikut Demo

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Karang Taruna 'Tunas Karya Kasobo' Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban menyatakan dengan tegas pihaknya tidak terlibat aksi demo PT IKSG yang digelar Aliansi Karanga Taruna Ring Satu PT Semen Indonesia (SI) hari ini, Selasa (11/12/2018).

"Kami Karang Taruna Socorejo menyatakan tidak ikut andil dalam demo PT IKSG saat ini," terang ketua Karang Taruna Tunas Karya Kasobo, Mahmudi.

Kendati begitu dalam aksi tersebut, ditemui sebuah poster yang dibawa peserta aksi bertuliskan 'Socorejo' yang di bawahnya juga berisi tulisan tuntutan untuk mengeluarkan 10 tenaga kerja non lokal.

"Apabila ada pihak yang mengaku dari Karang Taruna Kasobo Desa Socorejo Jenu atau dari pihak warga Desa Socorejo, maka itu diluar tanggung jawab kami," tegasnya lagi.

Sementara itu Kepala Desa Socorejo, Arief Rahman Hakim ketika dikonfirmasi wartawan media ini juga menyatakan jika warganya tidak terlibat. Ia menegaskan aksi segelintir peserta unjuk rasa tersebut sebagai klaim sepihak.

"Biasa. Pembentukan opini dan klaim sepihak," cetus mantan aktivis PMII Jogjakarta itu.

Diketahui, hari ini ratusan masa yang mengatasnamakan Aliansi Karang Taruna Ring Satu PT SI menggelar unjuk rasa. Unjuk rasa ke dua ini buntut dari aksi serupa yang digelar pada Rabu (5/12/2018) lalu.

Dalam surat pemberitahuan aksi disebutkan, titik aksi ada dua tempat. Pertama, sasarannya PT IKSG di Desa Socorejo Jenu dan kedua PT SI pabrik Tuban di Jalan Raya Sumberarum, Kerek, Tuban.

Titik kumpul awal, peserta aksi di Desa Karangasem, Jenu, Tuban. Kemudian akan mengambil rute Lapangan Karangasem, PT IKSG dan finish di PT SI pabrik Tuban.

"PT IKSG selaku rekanan PT SI pabrik Tuban tidak ada iktikad untuk memenuhi tuntutan warga ring satu IKSG serta aliansi Karang Taruna ring satu PT SI, perihal rekrutmen tenaga kerja, maka dengan ini kami melakukan aksi lanjutan," terang koordinator aksi, Masrudin dalam surat pemberitahuan tersebut. [rof/ito]