Bangun Sarana Umum, Begini Progres Trotoar Wedangan

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Memasuki akhir tahun, upaya pembangunan sarana umum Kabupaten Tuban makin gencar digalakkan. Salah satu yang mencolok, yakni di sekitar ruas jalan Tuban-Babat Km 3 Wedangan, Kelurahan Kedungombo, Tuban.

Tampak sejumlah material pasir, paving, serta perkakas besi berada di sepanjang jalan yang dipenuhi deretan pedagang oleh-oleh khas Bumi Wali. Sebelah utara trotoar jalan sudah terpasang paving-paving yang dimotif sederhana nan rapi. Di lokasi yang sama, para pekerja tengah sibuk membuat pancang teras dan melakukan pengelasan baja.

Pekerjaan serupa juga tampak di seberang jalan, sebelah selatan trotoat. Gorong-gorong dekat trotoar tengah direvitalisasi, mengangkat tumpukan sampah dan tanah yang memenuhi selokan got.

"Itu juga termasuk dari revitalisasi taman. Kita sedang proses untuk pembangunan trotoar dan sarana umum sekitar Wedangan," ungkap Kepala Dinas (Kadis) Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Tuban, Sudarmaji kepada blokTuban.com, Selasa (11/12/2018).

Mantan Camat Plumpang itu juga menjelaskan, adanya pembangunan sarana umum tersebut berguna untuk lebih merapikan para pedagang oleh-oleh khas Bumi Wali, seperti minuman Legen, Siwalan, dan lainnya.

"Selain itu, pohon-pohon disepanjang jalanan sana sebagian juga sudah dilengkapi dengan hiasan lampu baru," tambah Kadis PUPR.

Dengan demikian, pihaknya berharap supaya masyarakat umum bisa menjaga sarana berikut fasilitas baru yang tengah dilengkapi. Sebab, tanggung jawab lingkungan tak melulu ditangguhkan oleh Pemerintah, namun juga seluruh lapisan masyarakat yang menjaga dan merawat. 

"Targetnya bulan ini selesai, tanggal 23 Desember. Bisa saja malah sebelum target sudah selesai," pungkasnya kepada blokTuban.com. [feb/col]