Ribuan Kicau Mania Ikuti Festival dan Lomba Burung Berkicau 2018

Reporter: M. Anang Febri 

blokTuban.com - Ribuan masyarakat umum penghobi kicau mania mengikuti Festival dan Lomba Burung Berkicau Piala Bupati Tuban 2018, di Alun-alun Tuban, Minggu (9/12/2018).

Dalam agenda yang diadakan oleh Ronggolawe Putra Bird Community (RPBC) itu, selain dimeriahkan peserta dari komunitas kicau mania Kabupaten Tuban, juga dihadiri banyak peserta dari lingkup Jawa Timur, hingga luar pulau Jawa.

"Dalam rangka rangkaian Hari Jadi Tuban (HJT) ke-725 ini, pesertanya keseluruhan Kabupaten Tuban. Dari Jawa Timur, ada Surabaya, Madura, Madiun, Bojonegoro," Abd. Halim Purnama selaku Ketua Panitia.

Ditambahkannya lagi, peserta yang datang dari Jawa Tengah dan kota lain, meliputi Rembang, Cepu, Semarang, Pekalongan, Magelang, Solo, Jogjakarta, dan Tangerang. Sedangkan peserta asal luar pulau, dihadiri oleh kota Medan, Makassar, Maluku, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Ada 34 kelas yang dilombakan. Dari hasil itu, sudah dipastikan seribu lebih terdaftar pada acara," imbuhnya.

Lelaki yang kerap disapa Halim itu menjelaskan, dari jumlah keseluruhan kelas yang dilombakan itu, ada kelas Love Bird yang terdiri dari 3 kategori, meliputi kelas bebas aksi, Balibu, dan Dewasa. Selain itu, Kelas kicau Mulai Batu, Cucak Ijo, Kacer, Ciblek, Kenari, dan kelas Pleci juga turut memeriahkan festival dan Lomba Kicau Burung yang telah 2 kali digelar itu.

"Harapan kita, semoga acara semacam ini bisa menjadi acara rutin. Ikut dalam runtutan Hari Jadi Tuban tiap tahunnya," pungkasnya kepada blokTuban.com. [feb/col]