Jumlah Koperasi Terus Meningkat, Kesejahteraan Membaik?

Repoter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Dari tahun-ketahun jumlah koperasi yang ada di Kabupaten Tuban semakin meningkat, hal ini menandakan tingkat kesejahteraan masyarakat semakin membaik. Pada tahun 2018 jumlah koperasi yang ada di Tuban meningkat 10 persen dari tahun lalu.

Menurut data yang diperoleh dari Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban, pada tahun 2017 jumlah koperasi di Tuban 1.235, sedangkan pada tahun 2018 naik menjadi 1.247.

"Sesuai dengan tujuannya, koperasi mensejahterkan anggota dan masayarakat," ungkap Indah Hirawati staf perkembangan koperasi.

Lebih lanjut katanya, perkembangan koperasi berbasis syari'ah juga menujukan hal yang sama. Program koperasi syari'ah yang difasilitasi provinsi pada tahun 2015, hingga saat ini menujukan perkembangan.  Pada 2017 jumlah koperasi syari'ah 166 sedangkan pada tahun 2018 meningkat menjadi 170.

"Koperasi syari'ah berkembang dengan baik di Tuban, karena mayoritas masayarakat beragama islam, selain itu Tuban juga dikenal dengan bumi wali, " ungkapnya. [nid/]