Hutan Kota Kapur Jadi Lokasi Konservasi Rusa .

Reporter: Nidya Marfis H. 

blokTuban.com - Wisata baru, Hutan Kota Kapur yang berlokasi dekat perempatan Jalan Gajah Mada  selain menjadi hutan kota juga menjadi tempat konservasi rusa.  

Bagi kalian warga Tuban pastinya sering melewati tempat tersebut, pastinya banyak yang bertanya-tanya mengapa ada rusa di sana. Padahal, dulunya tempat tersebut dimanfaatkan sebagai pabrik kapur hingga akrab dengan nama perempatan pabrik kapur.

Berdasarkan data yang ada, dulu lokasi tersebut merupakan pabrik kapur milik daerah namun sekitar tahun 70 an sudah tidak digunakan lagi. Sekitar tahun 2009 tempat tersebut beralih fungsi menjadi hutan kota di bawah naungan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemungkiman (PRKP). 

Melihat lokasi yang strategis, serta memepertimbangkan keberadaan rusa di pendopo kabupaten yang tak berkembang baik, akhirnya tahun 2013 rusa itu dipindahkan di hutan kota. Karena cocok, dari hanya 5 ekor rusa, kini rusa yang hidup di penakaran sudah mencapai 33 ekor. 

"Dulunya ada di pendopo karena stres soalnya tempatnya sempit akhirnya dipindahkan disini," ungkap Hadi petugas PRKP. 

Lebih lanjut, ia menambahkan karena rusa tersebut merupakan hewan yang dilindungi setiap 3 bulan sekali staf konservasi kehewanan dari Bojonegoro datang untuk memantau perkembangan rusa tesebut. Selain itu tempat tersebut terbuka untuk umum, sehingga masayarakat Tuban bisa bebas berkunjung ke sana tanpa dipungut biaya. 

"Tempat ini memang terbuka untuk umum, sehingga warga Tuban bisa ke sini gratis," ungkapnya. [nid/lis]