Wabup: PKL di Tuban Masih Banyak Terlilit Hutang Rentenir

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Wakil Bupati (Wabup) Tuban, H. Noor Hahar Hussein mengakui jika selama ini masih banyak Pedagang Kaki Lima (PKL) dan pedagang kecil di Kabupaten Tuban yang terlilit hutang rentenir.

Hal itu diungkapkan oleh Wabup Tuban usai menghadiri kegiatan Ngaji Bareng dan Bhakti Kemanusiaan yang diselenggarakan dalam rangka Hari Jadi Tuban (HJT) ke-725 di Pendopo Krido Manunggal Kabupaten Tuban.

"Selama ini Pemkab Tuban banyak menerima keluhan dari para pedagang kecil yang terkena masalah rentenir," terang Wabup Tuban, Rabu (5/12/2018).

Menurutnya, dengan kondisi seperti itu Pemkab Tuban akan membantu dan mengupayakan untuk mengurangi rentenir dengan cara menjembatani dengan pihak bank. Sehingga para pedagang itu bisa produktif lagi.

Dia juga menjelaskan bahwa selama ini sudah ada beberapa bank di Tuban yang mudah untuk mengajukan pinjaman. Namun, kemungkinan para pedagang kecil ini masih belum mengetahui itu dan akses ke lembaga keuangan masih kurang.

"Kami meminta kepada pengurus pedagang ini agar melindungi anggotanya. Di samping itu Pemkab Tuban melalui Diskoperindag Kabupaten Tuban juga turun dalam rangka mengurangi rentenir," pungkasnya. [hud/col]