Hujan Deras, Sampah Perbukitan di Dahor Berserakan di Jalan

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Hujan lebat yang mengguyur Desa Dahor, Kecamatan Grabagan sejak pagi tadi, Rabu (5/12/2018) hingga menjelang sore hari berakibat aliran air dari bukit turut membawa sampah ke jalanan. 

Penuturan warga setempat, hal tersebut terjadi karena intensitas dan durasi hujan yang cukup lama sehingga air hujan dari perbukitan terus mengalir ke wilayah yang lebih rendah. 

"Jadi sampah-sampah dari atas terbawa jadi satu ke bawah sini," ujar Hidayat, warga di Dusun Blogan, Desa Dahor. 

Sebab hujan deras, sambung dia, aliran air hujan tertampung di selokan lengkap dengan sampah daun dan ranting. Bahkan, tak hanya daun dan ranting adapula sampah-sampah plastik.

"Makanya ini dibersihkan. Tadinya pas hujan, selokan tersumbat sampah dan akhirnya keluar sehingga tumpah menebar di jalanan," katanya lagi sembari melanjutkan aktivitas membersihkan sampah yang berserakan.

Di sisi lain, wilayah perbukitan yang menghubungkan sampai Desa Menyunyur itu setiap tahun pasti dibanjiri sampah menumpuk akibat selokan penuh. Salah satu masalah klasik penyebab banjir, soal kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan.

"Kalau dulu ya banjir, dari selokan penuh gini. Tapi pas ini saja yang cukup parah. Sepanjang jalan banyak sampah. Ya, semoga hanya waktu ini saja, besok-besok gak lagi seperti ini," pungkasnya kepada blokTuban.com. [feb/col]