Waah.. Musim Penghujan Blewah Langka di Pasaran

Reporter: M. Anang Febri 

blokTuban.com - Memasuki awal musim penghujan pada Desember 2018 ini, stok dan peredaran buah blewah di sebagian besar wilayah Kabupaten Tuban langka.

Pantauan blokTuban.com di sejumlah stand toko buah sekitar Kecamatan Soko dan Kecamatan Rengel menunjukkan, bahwa stok buah yang memiliki kadar air tinggi itu sudah dua bulan ini kosong.

"Nggak ada petani yang tanam lagi, jadi ya kosong begini stok blewahnya," kata Supardi, salah satu pemilik stand buah di Kecamatan Soko.

Ditambahkannya, keadaan itu terjadi sebab peralihan musim kemarau ke musim penghujan karena banyak dimanfaatkan petani untuk menanam padi. Adapun petani di lahan persil, juga memilih untuk menanam sayur mayur yang cocok pada kondisi musim penghujan.

"Banyak yang tanya stok buah blewah. Tapi ya gitu, apa boleh buat. Soalnya memang nggak ada stok ketersediaannya," jelasnya lagi.

Hal senada juga dipaparkan oleh Agung, pedagang buah di sekitar jalan Raya Rengel. "Memang sedang sulit cari buah blewah. Banyak yang nanyain, tapi selalu balik. Soalnya lagi nggak ada. Palingan petani ya sedang persiapan tanam juga, tapi itu mungkin sih," ujarnya kepada blokTuban.com, Selasa (4/12/2018). [feb/col]