Begini Cara Pembelajaran Kampung Inggris Blogan

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Memasuki lingkungan pembelajaran di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Asy-Syafi’iyah English Course (AEC) Dukuh Blogan, Desa Prambontergayang, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, seperti sedang berada dalam suatu Kampung Inggris.

Pasalnya, yang terdengar dari percakapan mereka adalah kata dan kalimat yang sehari - hari digunakan adalah menggunakan bahasa Inggris. Pola penerapan daily conversation tersebut, memang dikhususkan untuk melatih siswa agar lebih cepat fasih dan lancar berbahasa Inggris.

"Dengan begitu, mereka bisa lebih cepat mencapai tujuan belajarnya, to be fluent in english atau lancar berbicara bahasa Inggris," terang Ali Irham, S.Pd, selaku Tutor LKP AEC Blogan.

Tak hanya itu saja, pembelajaran yang terdapat di lembaga AEC Blogan dipetakan menjadi 4 level tahapan, yakni Entry Level, Beginner Level atau kelas pemula, Intermediate Level atau kelas menengah dan Advance Level untuk tahap mahir.

"Setiap level ditempuh dalam waktu 6 bulan, pelaksanaanya seminggu 4 kali pertemuan dengan durasi satu jam," sambungnya.

Dalam pencapaiannya mendapat hasil yang maksimal, selain dalam pertemuan itu, siswa AEC Blogan juga dibekali pembelajaran melalui sistem online, yakni menggunakan aplikasi media digital seperti WhatsApp dan lain sebagainya.

"Artinya, anak-anak bisa terus belajar setiap saat, karena di dalam group WhatsApp semua diwajibkan menggunakan bahasa inggris," pungkas Ali Irham.

Disisi lain, LKP AEC Blogan juga membuka bimbingan belajar (Bimbel) atau kelas privat untuk semua mata pelajaran yang berbasis umum. [feb/ito]