Awal Musim Penghujan, Waspadai DBD dengan Hidup Bersih dan Sehat

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Awal musim penghujan tahun ini, penderita penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Tuban masih belum tampak mengalami peningkatan yang signifikan. 

Meski begitu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban Dr. Bambang Priyo Utomo mengimbau kepada masyarakat agar selalu mewaspadai penyakit tersebut dengan melakukan pola hidup bersih dan sehat, terlebih pada musim penghujan.

"Saya mengimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga kebersihan, terutama jangan ada genangan air, buang sampah pada tempatnya," terang Bambang saat ditemui blokTuban.com, Senin (3/12/2018).

Menurutnya selama awal musim penghujan hingga saat ini, Dinkes juga telah melakukan upaya penekanan DBD dengan beberapa kali Fogging atau pengasapan di daerah yang yang telah ditemukan adanya penderita DBD. "Upaya Fogging sudah kita lakukan," jelasnya.

Sementara itu, selain penyakit DBD yang perlu diwaspadai adalah penyakit diare yang biasanya banyak diderita masyarakat saat musim penghujan tiba. Sehingga diharapkan pada bulan-bulan berikutnya penyakit DBD dan diare tidak meningkat.

"Diharapkan bulan-bulan berikutnya juga tidak ada peningkatan. Dan itu menandakan masyarakat sudah sadar akan kebersihan dimusim penghujan," pungkasnya.[hud/col]