Sampah Menumpuk, Aliran Sungai di Panyuran Meluap

Reporter : Nidya Marfis H. 

bloktuban.com - Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Tuban (PRKP) besama warga Desa Panyuran, Kecamatan Palang bergotong-royong membersihkan timbunan lumpur bercampur sampah di jalan akibat meluapnya air sungai tadi malam, Sabtu (1/12/2018). 

Intensitas hujan yang tinggi tadi malam mengakibatkan meluapnya aliran sungai di Desa Panyuran. Hal ini lantaran banyak sampah tertimbun di daerah aliran air, sehingga mengakibatkan pendangkalan dan rawan meluap saat hujan. Lumpur yang menumpuk bercampur sampah membuat akses jalan dari desa ke kota sementara tidak dapat dilewati. 

Terkait hal ini, Kepala Bidang(Kabid) Kebesihan dan  Pertamanan PRKP, Sumarno mengatakan, malam tadi intensitas hujan yang tinggi ditambah aliran sungai dari Desa Gedungombo dan Widengan cukup deras yang juga membawa sampah, ranting pohon dan tanah. 

"Tadi malam sekitar pukul 22.00 WIB hujan derasnya. Diimbau bagi warga yang rumahnya dekat dengan aliran sungai untuk tidak membuang sampah di sungai agar hal tersebut tidak terulang lagi, selain itu ke depannya akan diperlebar saluran air yang berada di bawah jalan," pungkasnya.

Untuk pembangunan itu pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak Provinsi Jawa Timur, karena hal itu memang menjadi wewenang mereka. [nid/lis]