09:00 . PT IKSG Kembali Didemo, Ini Sebabnya...   |   08:00 . Polisi Ungkap Korban Kecelakaan Maut di Jatirogo   |   07:00 . 5 Cara Menghilangkan "Holiday Blues", Rasa Sedih Saat Liburan   |   00:00 . Truk Rokok Hantam L 300, Dua Orang Meninggal Dunia   |   21:00 . Sinergi Antar Field, Sahabat Pertamina Kunjungi Cepu Field   |   20:00 . Peralihan Musim, DPP Tuban Minta Peternak Waspadai Penyakit BEF Pada Sapi   |   19:00 . Ditarget Usai Tahun Ini, Pekerja Proyek Drainase Lembur   |   18:00 . Dana Belum Cair, TPT Desa Ini Tetap Digarap   |   17:00 . Enthung Jati Punya Kandungan Protein Tinggi   |   16:00 . Terduga Pelaku Warga Socorejo, Kades: Kami Dampingi Proses Hukum   |   15:00 . Pemuda Asal Grabagan Meninggal Dunia di Gresik, Ini Kronologinya   |   13:37 . Prodi Ilmu Komunikasi Unirow Terakreditasi B   |   13:00 . Pembangunan Stadion Bumi Wali Molor   |   12:00 . Berburu Entung Jati   |   11:00 . Puluhan Warga Semanding Buru 'Enthung' Untuk Dimasak   |  
Tue, 11 December 2018
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sunday, 02 December 2018 07:00

Hari AIDS Sedunia, Ketahui Apakah Kita Beresiko

Hari AIDS Sedunia, Ketahui Apakah Kita Beresiko

Reporter: -

blokTuban.com - Hari AIDS Sedunia tahun ini masuk ke usia 30 pada tahun ini, sejak pertama kali diperingati pada 1 Desember 1998.

Tema yang diangkat pada Hari AIDS Sedunia tahun ini adalah “Know Your Status” atau ketahui status risiko kamu.

Mengutip dari situs UNAIDS, program bersama PBB untuk penanganan HIV/AIDS, saat ini di seluruh dunia terdapat 37 juta orang hidup dengan HIV.

Angka tersebut merupakan jumlah tertinggi yang pernah ada, namun seperempat orang tidak tahu bahwa mereka memiliki virus tersbeut.

Data terakhir juga menunjukkan, pada tahun 2017, terdapat 1,8 juta orang baru teridentifikasi memiliki HIV.

Menurut UNAIDS, mengetahui status HIV merupakan titik awal untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik. Misalnya saja segera mendapat pengobatan, melakukan pencegahan bagi kelompok beresiko, mendapatkan perawatan dan dukungan.

“Orang yang dites positif HIV harus segera mendapat terapi antiretroviral agar tetap hidup sehat,” tulis UNAIDS.

Terapi antiretroviral (ARV) ini termasuk dalam pencegahan penularan virus.

Mengetahui status HIV juga dianggap memungkinkan bagi orang untuk membuat keputusan  tentang pilihan pencegahan HIV, termasuk pada anak-anak, serta penggunaan kondom pria dan wanita.

Apa itu tes HIV?

Cara awal untuk mengetahui status kita adalah dengan melakukan pemeriksaan HIV. Seperti yang ditulis Kompas.com, tes HIV bisa dilakukan di sejumlah rumah sakit atau pun Puskesmas.

Menurut Program Manager KIOS Universitas Atma Jaya Jakarta, Husen, tes HIV memiliki tiga tahapan: pra-tes, tes HIV (pengambilan contoh darah), dan pasca-tes.

Pada tahap yang pertama ini seseorang akan dibekali pengetahuan tentang apa itu HIV/AIDS, termasuk bagaimana harus bersikap setelah mengetahui hasil tes HIV.

Setelah melewati tahap pertama, selanjutnya orang yang dites akan diambil contoh darahnya untuk dicek.  Tahap terakhir adalah pemberian hasil tes tersebut.

Tes HIV sendiri memiliki beberapa jenis. Pertama adalah tes standar berupa rapid tes, Elisa atau EIA. Bila hasiL tes ini positif, maka Anda terinfeksi HIV dan perlu dikonfirmasi dengan tes Western Blot.

Jenis tes HIV tersebut memiliki akurasi sampai 99,5 persen dan hasilnya bisa selesai dalam satu hari.

Sumber: https://lifestyle.kompas.com/read/2018/12/01/104907020/
hari-aids-sedunia-ketahui-apakah-kita-beresiko

Tag : hiv, aids, peringatan

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 14 November 2018 15:00

    Pelatihan Menulis Bersama EMCL dan Tempo Institute

    Tulisan Tiga Wartawan Bojonegoro Terbaik

    Tulisan Tiga Wartawan Bojonegoro Terbaik Selama tiga hari, mulai Senin hingga Rabu (12-14/11/2018), awak media dari Kabupaten Bojonegoro, Tuban dan Blora mengikuti pelatihan menulis feature/story telling dan digital marketing di Disaster Oasis, KM 21,5, Sleman,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 10 November 2018 10:00

    Pengumuman: Seleksi dan Rekrutmen P2KTD PID Tuban

    Pengumuman: Seleksi dan Rekrutmen P2KTD PID Tuban Sehubungan dengan pelaksanaan Tahapan Program Inovasi Desa (PID) Tahun Anggaran 2018 di Kabupaten Tuban, maka Tim Inovasi Kabupaten (TIK) PID membuka seleksi dan rekrutmen Pengelola Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa...

    read more