Cikal Bakal Akses Dermalang, Dulunya Sebatas Pematang

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Meskipun memiliki akses yang kurang memadai jika dibanding wilayah perkampungan lain, akses jalan menuju Dusun Dermalang, Kecamatan Widang, Tuban rupanya sudah termasuk dalam fase progress dari waktu sebelumnya.

Salah satu bukti hasil progres tersebut, berawal dari cikal bakal jalanan pematang sawah. Sebatas akses jalan pertanian yang menghubungkan antara pusat Desa Mlangi ke persawahan dan pemukiman Dusun Dermalang. Hingga saat ini berwujud jalan makadam, yang mana ketika sekali hujan deras melumpuhkan aktivitas bepergian warga dusun setempat, warga sedikit banyak tetap bersyukur dengan kondisi itu.

"Keadaan jalan seperti ini masih untung. Dulunya malah sebatas jalan pematang sawah ukuran kecil," kata salah satu warga setempat, Samian kepada blokTuban.com, Sabtu (1/12/2018).

Dia juga mengatakan, bahwa dulu sekitar 4 tahunan lebih, jalanan itu hanya memiliki lebar sekitar 1 meter saja. Tanpa bisa dilalui kendaraan roda 4 atau lebih. Pun, ketika musim penghujan warga harus bersusah payah jika ingin melintasi medan licin tersebut saat memiliki suatu urusan di sana.

"Kalau sekarang sudah lumayan, meskipun kalau hujan sering rusak. Jalan makadam hanya sedikit, sisanya tanah," tambahnya.

Warga lain juga menuturkan hal serupa. Tak ada jalan putar lain menuju Dermalang. Jalanan pematang sawah, menjadi satu-satunya akses penghubung yang digunakan warga.

"Dulu jalanan kecil, gak bisa dilewati mobil. Tapi sekarang sudah lumayan lah ini. Harapannya, nanti terus dibenahi saja," ujar Lasmono. [feb/rom]