Kejari Tuban Upayakan Pencegahan Korupsi di Tingkat Pelajar

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Tuban, mulai bergerak dan berupaya melakukan tindakan pencegahan korupsi dini dengan menyasar pada pelajar di wilayah Kabupaten Tuban. 

Sebagai langkah awal, Kejari Tuban bersama Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Tuban telah melaksanakan berbagai macam perlombaan yang berkaitan tentang anti korupsi di jenjang pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP). 

Penyelenggaraan lomba tersebut, dimaksudkan untuk mengedukasi dan memberikan wawasan yang lebih luas terkait tindak pidana korupsi kepada siswa SMP yang ada di Kabupaten Tuban.

Saat dikonfirmasi, Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Tuban, Kusbiantoro mengatakan, dalam Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi, selain fokus penindakan juga mengandung nilai nilai dan upaya pencegahan. Atas dasar itu, pihaknya mulai melakukan tindak pencegahan dengan melakukan kegiatan yang melibatkan pelajar. 

"Target awal upaya pencegahan ini memang menyasar pada pelajar SMP. Tidak menutup kemungkinan, dengan kegiatan yang sama Kejari Tuban kedepan bisa mengembangkan kegiatan pencegahan yang menyasar pada pelajar SMA dan perguruan tinggi," terang Kusbiantoro.

Sementara itu Kabid Pendidikan SMP, Sutarno menyampaikan, kegiaatan lomba dalam rangka peringatan hari anti korupsi bersama Kejari Tuban ini sebagai pijakan awal. Kedepan kegiatan serupa akan dilaksanakan dengan menyasar lebih banyak siswa. 

"Tahun depan rencananya akan diselenggarakan dengan melibatkan seluruh SMP di Kabupaten Tuban," pungkasnya.[hud/lis]