FMK Tuwirikulon Terima CSR Rp250 Juta dari PT. Semen Indonesia

Reporter: Khoirul Huda
 
blokTuban.com – Sebagai wujud tanggung jawab sosial dan lingkungan di sekitar perusahaan, PT. Semen Indonesia Persero Tbk (Pabrik Tuban) menggelar kegiatan Ceremony Program Pencairan Dana Pemberdayaan Corporate Cosial Responsibility (CSR) Desa Tuwirikulon, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban.
 
Kegiatan Ceremony tersebut diselenggarakan di balai desa setempat dengan dihadiri Management PT. Semen Indonesia, Direktur Program Pemberdayaan Masyarakat Semen Gresik (P2M-SG), Forkopimka Kecamatan Merakurak, Pemerintah Desa (Pemdes), tokoh masyarakat, Forum Masyarakat Kokoh (FMK) serta Organisasi Masyarakat Sipil (OMS).
 
Dalam kesempatan itu, Koordinator FMK Desa Tuwiri Kulon, Santoso menyampaikan banyak terima kasih kepada PT. Semen Indonesia yang telah meralisasikan dana CSR di tahun 2018 ini untuk program berbasis pemberdayaan sebesar Rp250 juta.
 
Selain itu, Santoso juga mengucapkan banyak terima kasih kepada P2M-SG, karena keberadaan P2M-SG ini telah memberikan banyak manfaat, mulai dari pendampingan membantu dalam menyampaikan informasi, menggali usulan masyarakat, menyusun proposal hingga pendampingan pencairan dana
 
“Terima kasih kepada Semen Indonesia dan P2M-SG yang telah memberikan pendampingan kepada kami. Kebijakan yang sangat berpihak pada pemenuhan kebutuhan masyarak ini akan kami jawab dengan hasil pelaksanaan yang baik dan berkualitas,” ujar Santoso.
 
Sementara itu, Senior CSR Officer PT. Semen Indonesia (Pabrik Tuban), Setyawan, menjelaskan Keberadaan FMK ini benar-benar merupakan representasi masyarakat dalam mendorong percepatan keberhasilan pembangunan sekaligus mitra PT. Semen Indonesia dalam menjalin komunikasi dan kerjasama untuk kemaslahatan masyarakat di wilayah pengembangan perusahaan.

“Saya menghimbau agar FMK dan para pengurus OMS yang mendapatkan amanah ini bersungguh-sungguh dalam mengelola dana CSR untuk pemberdayaan ini,” kata Setyawan.

Di sampig itu, diharapkan FMK dan OMS secara intensif melakukan koordinasi dengan Pemerintah Desa (Pemdes) sehingga dapat memberikan kontribusi yang nyata guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengentaskan kemiskinan pada wilayahnya masing-masing.

Ditambahkanya, pada akhir kegiatan nanti, tentu akan dilaksanakan evaluasi secara komprehensif terhadap pengelolaan keuangan dan pelaksanaan kegiatan serta nilai kemanfaatan program bagi masyarakat setempat. Apabila hasilnya memuaskan, maka P2M-SG dengan seluruh rangkaian tahapannya dapat dilanjutkan dengan dukungan sumberdana dan sumberdaya yang lebih optimal.

Sementara itu, Manajer P2M-SG Nunuk Fauziah mengatakan, ini adalah komitmen PT. Semen Indonesia (Pabrik Tuban) melalui P2M-SG, menerapkan pendekatan pemberdayaan dalam pemanfaatan dana CSR kepada masyarakat sekaligus wujud konkrit PT. Semen Indonesia berkontribusi melakukan pengentasan kemiskinan di Kabupaten Tuban.

“Terutama di wilayah pengembangan perusahaan. Dan di Desa Tuwirikulon sendiri ada lima kegiatan yang direalisasikan berbasis pemberdataan masyarakat,” pungkasnya.[hud/ito]