10:00 . Bucu Kendit, Upacara Adat Warga Tanggung Pasca Tanam   |   09:00 . Wow...! Lantai Lima Graha Aryo Tejo RSUD Tuban Siap Tampung Caleg Stres   |   08:00 . BPJS Ketenagakerjaan Buka Lowongan, Ini Tahapannya   |   07:00 . 6 Jenis Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Saat Travelling Jauh   |   06:00 . Matemacinta   |   18:00 . Perumahan Semakin Meningkat, PRKP Akan Kendalikan Izinnya   |   17:00 . Catat, Besok Hujan Lebat Berpotensi Mengguyur Wilayah Ini   |   16:00 . 42 Kampus Ikuti Campus Festival di SMA Al Huda Tuban   |   15:00 . Besok Akan Ada Pemadaman Listrik Sekitar Kecamatan Soko   |   14:00 . Petani Jagung Sekitar Perbukitan 2 Minggu Lagi Panen Raya   |   13:00 . Trotoar Rusak, PRKP: Tunggu Giliran Untuk Diperbaiki   |   12:00 . Waspada Air Laut Pasang, Ternyata ini Faktornya   |   11:00 . BMKG Keluarkan Peringatan Dini Pasang Maksimum Air Laut   |   10:00 . DD Tahap I di Tuban Siap Dikucurkan   |   09:00 . Mengatasi Banjir, PUPR Anggarkan Rp35 Miliar untuk ini   |  
Sun, 20 January 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sunday, 25 November 2018 14:00

Tengok Sejenak Sandur Tuban, Warisan Budaya yang Hampir Hilang

Tengok Sejenak Sandur Tuban, Warisan Budaya yang Hampir Hilang

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Sebagai salah satu warisan budaya tak benda, Sandur Tuban memiliki nilai tradisi kental yang bersinggungan antara masyarakat tempo dulu, kesenian serta budaya.

Sejak trennya muncul dan naik daun sekitar tahun 1960-an, tak dipungkiri juga Sandur telah tersebar merata di wilayah Jawa Timur. Mulai dari Madura, Banyuwangi, Gresik, Jombang, Bojonegoro, maupun Tuban, setiap wilayah memiliki cirinya masing-masing.

Begitu pun juga di Bumi Wali, sebutan lain Kabupaten Tuban. Dari kisah penuturan masyarakat dan orang tua terdahulu, Sandur merupakan hiburan rakyat yang digali lewat masyarakat tani tempo dulu. Pementasannya, hanya sebatas undangan hiburan acara tertentu maupun tanggapan.

Akan tetapi, sejak satu dekade lalu, para pelaku dan seniman Sandur kian menghilang popularitasnya dari khalayak umum. Komunitas seni ataupun pegiat Sandur dari waktu ke waktu kian menghilang seiring pesatnya waktu yang terus berjalan di era modernisasi.

"Sepanjang daerah pegunungan Kapur ataupun pegunungan Kendeng pasti punya Sandur. Yang terbanyak Tuban," kata Sumardi selaku Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban.

Ditambahkannya, Sandur paling banyak bertitik di tanah Tuban. Bahkan, pertama kali Sandur dikenal dan muncul di kancah Nasional pertama kali adalah Sandur Tuban.

"Sempat juara umum Provinsi tahun 2014, tingkat Nasional dapat 3 nominasi. Itu adalah perjalanan mengungkap kesenian tradisional yang hampir hilang," kenang Mardi yang telah menggeluti Sandur sejak tahun 1989 sampai sekarang.

Dibalik capaian yang telah diraih, kini Sandur Tuban hanya hidup dalam satu dua komunitas saja yang masih aktif dan sedikit muncul, salah satunya di Kecamatan Semanding. Dan tak menutup kemungkinkan juga masih ada pelaku Sandur dengan gerakannya hanya jadi bayangan di antara kesenian lokal.

"Sebenarnya masih ada, hanya saja generasi  peminatnya yang minim," pungkasnya. [feb/rom]

*Foto dokumentasi pribadi Sandur Bojonegoro

Tag : sandur tuban

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 03 January 2019 16:00

    Raker BMG 2019

    GM Bacakan SK, Inilah Leader Baru di Redaksi bB dan bT

    GM Bacakan SK, Inilah Leader Baru di Redaksi bB dan bT Dalam rangka menjalankan roda perusahaan di bawah naungan Blok Media Grup (BMG) dengan semangat mengawali tahun 2019 ini, ada penyegaran yang dilakukan pada anak-anak perusahaan BMG, termasuk dalam redaksi blokBojonegoro.com...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat