Kesenian Janggrung Ramaikan Pesta Rakyat

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Malam kedua Pesta Rakyat, Gelar Budaya dan Kuliner Tuban bareng Pertamina yang diselenggarakan di Alun-alun Kabupaten Tuban, dimeriahkan oleh kesenian Janggrung Roro Jonggrang Tuban.

Dari pantauan blokTuban.com, Pesta Rakyat dalam rangka Hari Jadi Tuban (HJT) ke-725 tersebut bertepatan dengan Hari Sabtu malam Minggu. Tak pelak, masyarakat dari berbagai daerah berjubel untuk menonton kesenian tersebut.

Dari keterangan salah satu Waranggono saat berada di panggung, kesenian budaya Janggrung ini merupakan cikal bakal dari kebudayaan tayub yang ada di Kabupaten Tuban.

"Hiburan seni budaya Janggrung 'Roro Jonggrang' ini dari kawasan Kecamatan Merakurak Tuban," terang salah satu waranggono.

Sementara itu Panitia Pelaksana Pestam Rakyat, Sri Wiyono menjelaskan, pada malam puncak memang sejumlah budaya lokal Kabupaten Tuban turut memeriahkan Pesta Rakyat ini.

"Di antaranya budaya Janggrung Roro Jonggrang dan Pentas Ludruk Armada Jaya," jelas Sri Wiyono.

Diketahui, selain gelaran pentas seni budaya, warga masyarakat Tuban juga bisa menikmati kuliner khas Tuban. Pengunjung dapat menukarkan kupon dengan makanan atau minuman yang ada di stand PKL di area pesta rakyat. [hud/rom]