Tanaman Sejuta Manfaat, Warga Tuban Mulai Budidaya Bidara

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Sebagai wilayah dengan macam kandungan mineral, tanah di Bumi Wali Tuban juga bisa ditanam berbagai macam tanaman. Dari mulai tanaman pokok, buah, serta tanaman pohon dengan fungsinya masing-masing.

Salah satu tanaman yang sedang tren, yakni Bidara Arab juga mampu hidup dan dikembangkan oleh masyarakat umum. Dengan sejumlah manfaat dan khasiat, bahkan dipercaya sebagai penangkal gangguan jin, serta sebagai obat berbagai macam penyakit, tak sedikit warga yang mulai menanamnya.

"Sudah punya tanaman Bidara. Fungsinya sih banyak. Selain sebagai tanaman obat, juga punya sisi mistis," kata salah satu warga di perbukitan atas Kecamatan Soko, Adi kepada blokTuban.com, Jumat (16/11/2018).

Di tempat berbeda, saking sedang jadi tren, jenis tanaman dari Arab itu mulai dibudidaya dan dijual umum. Salah satu pemuda asal Kecamatan Singgahan, Nina mengatakan, stok tanaman Bidara Arab telah mulai ia jual lewat pasaran online disertai sosialisasi manfaat kegunaannya.

"Banyak fungsinya, antara lain sebagai pengobatan jerawat, sebagai penguat rambut. Daunnya juga bisa untuk memandikan jenazah, bahkan banyak orang yang berpendapat bisa digunakan sebagai pengusir setan," jelasnya.[feb/col]