PKL Tuban Sambut Positif Pesta Rakyat, Berharap Jadi Ajang Tahunan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Ratusan lapak Pedagang Kaki Lima (PKL) yang terlibat di Pesta Rakyat, Gelar Budaya dan Kuliner Tuban bareng Pertamina diserbu pengunjung, Jum'at (16/11/2018) petang. Tak ayal, alun-alun tempat pelaksanaan event ini  berubah menjadi lautan manusia. 

Satu di antara ratusan PKL, Dewi (29) mengatakan, Pesta Rakyat Gelar Budaya dan Kuliner Tuban bareng Pertamina ini cukup membantu dirinya untuk menjajakan dagannya. Warga Margorejo, Kecamatan Parengan, Tuban tersebut sehari-hari berjualan jajanan pasar getuk.

"Kami bersyukur sekali ada even ini. Biasanya saya berjualan di sini setiap malam Minggu di depan patung kuda dan malam senin di luar pagar alun-alun," terang Dewi di sela-sela melayani pengunjung. 

Pantauan blokTuban.com, jajanan pasar yang dijual Dewi terdiri dari Getuk Singkong, Getuk Lindri, Tiwul, Srawut atau Sredek, Lopis, Gentilut, Klepon, dan Pleret. Makanan khas Tuban ini dijual dengan cara dicampur dan diberi topin parutan kelapa dan gula Jawa. 

"Per porsi biasanya kita jual Rp5000," terangnya. 

Di tempat yang sama, PKL lain, Dwi Hariani (44) berharap kegiatan semacam sering-sering diadakan. Sebab, sangat membantu sekali untuk menarik animo masyarakat datang ke alun-alun untuk menikmati kukiner khas Bumi Wali. 

"Tentu seneng dong, dengan adanya pesta rakyat seperti ini. Harapannya bisa lanjut ya," kata penjual pentol dan ceker asal Baturetno, Tuban itu. 

Sementara itu Hadi Sampurno (43), Koordinator Paguyuban PKL Sumberrejeki, Tuban mengapresiasi pesta rakyat yang digelar pada momen Hari Jadi Tuban ke 725 ini. Selain menambah pendapatan PKL, diklaim bisa menyenangkan rakyat. 

"Bagus untuk menyenangkan masyarakat umum dan menambah pendapatan PKL. Harapannya sering-sering diadakan," tutur pria yang menjadi koordinator dari 97 PKL makanan dan non makanan itu. 

Diketahui, selama dua hari, Jumat (16/11/2018) dan Sabtu (17/11/2018) malam, sekitar 100-an PKL ikut terlibat di Pesta Rakyat, Gelar Budaya dan Kuliner Tuban bareng Pertamina.

Mereka menyediakan makanan dan minuman gratis untuk 8.000-an kupon saat Pesta Rakyat, Gelar Budaya dan Kuliner Tuban bareng Pertamina. 

Acara yang digelar untuk rangkaian HJT ke-725 di tahun 2018 itu diselenggarakan PT Pertamina (Persero) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban.

Berbagai pihak dilibatkan dan difasilitasi oleh mitra Pertamina, Yayasan Sedulur Pena (YSP). Di antaranya dinas terkait dan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kota Tuban. [rof/col]