Nelayan Tuban Terima Bantuan Mesin Perahu dari Menteri ESDM

Repoter: Nidya Marfis H.

bloktuban.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (ESDM) dan Bupati Tuban memberikan bantuan mesin perahu Bahan Bakar Gas (BBG) kepada nelayan kecil bertempat di Mangrove Center.

Dalam acara yang diselenggarakan siang tadi Menteri ESDM Ignasius Jonan  membagikan 200 mesin BBG untuk mengurangi biaya oprasional nelayan selain itu dari segi perawatan juga lebih mudah.

"Intinya bertujuan untuk mengurangi biaya operasional nelayan dan daya beli perekonomian bisa meningkat selain itu ikan hasil pancingan tidak bau solar atau orang-orang nelayan biasa menyebutnya ikan mabuk sehingga harga ikan bisa lebih mahal," ungkap Jonan

Ignasius Jonan menmbahkan jumlah nelayan di Kabupaten Tuban yang dibawah 5 GT berjumlah 1.096, untuk itu beliau menyampaikan sisan 1000 nelayan yang belum mendapatkan mesin BBG ini akan dibagi menjadi 2 tahun pada tahun 2019 dan 2020.

Salah seorang nelayan, Parto(35) mengaku bersyukur bisa mendapatkan bantuan mesin. "Alhamdulillah bisa mendapat bantuan mesin sehingga kalau mau melaut bisa lebih hemat yang biasanya sekali melaut Rp40.000 sekarang hanya Rp20.000 saja," ungkap Parto. [nid/col]