14:00 . Pemilu 2019, NasDem Target 100 Kursi DPR RI   |   13:00 . Sudah Langganan Parkir? Jangan Bayar Lagi di Jukir   |   12:00 . Hadapi Celebest FC ini Susunan Pemain Persatu   |   11:00 . Surya Paloh: Baru 7 Tahun, NasDem Tak Kalah dengan Partai 50 Tahun   |   10:00 . Surya Paloh Hadiri Acara Temu Kader 4 Kabupaten di Tuban   |   09:00 . Pondasi Jembatan Tergerus Air, Akses Roda Empat Ditutup   |   08:00 . Manajer Persatu Rilis Jadwal Putaran 8 Besar Liga 3   |   07:00 . Marah Tak Selalu Negatif, Ini 4 Manfaat Positifnya   |   22:00 . Pohon Tumbang Karena Akar Ditebang?   |   22:00 . Mobil Ringsek Akibat Tertimpa Pohon   |   21:00 . Harap Ada Perhatian Pada Pohon yang Berpotensi Tumbang   |   20:00 . Di Tuban Kota, Ada 2 Pohon Tumbang   |   19:00 . Hujan dan Angin, Mobil di Jalan Basuki Rahmad Tertimpa Pohon   |   15:00 . Listrik Padam, Air PDAM di Sebagian Wilayah Tuban Tak Mengalir   |   12:00 . Hari Terakhir Pemutihan, Pelayanan di Samsat Membludak   |  
Mon, 17 December 2018
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tuesday, 13 November 2018 20:00

Komunitas Tuban Today, Gotong Royong untuk Misi Sosial

Komunitas Tuban Today, Gotong Royong untuk Misi Sosial Dok TT, Kirab Tuban.

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Seiring pesatnya perkembangan zaman, setiap masa melahirkan generasi dan komunitas-komunitas peduli sesama yang bergotongroyong meningkatkan kapasitas sosial yang tinggi. Seperti komunitas Tuban Today (TT) ini misalnya.

Komunitas yang awalnya berdiri sebagai bentuk sambung seduluran dan sarana media informasi melalui grup Whatsapp, kemudian seiring berjalannya waktu anggota-anggota pun memberi usulan jika perkumpulan grup tersebut harus disertai manfaat juga buat orang lain yang berada di luar.

"Jadi giat sekarang lebih ke arah misi sosial," buka Ketua Tuban Today, Fredrik Sulistiyo kepada blokTuban.com, Selasa (13/11/2018).

Aksi dan giat sosial pun telah digencarkan semenjak awal berdiri TT, sekitar bulan Februari 2018 lalu. Banyak diantaranya, giat bhakti sosial yang sering dilesakkan yakni membantu orang-orang terhimpit dari jeratan garis kemiskinan, memberi donasi sosial kepada warga ataupun orang yang terkena penyakit kronis nan butuh penanganan khusus, hingga melakukan aksi bhakti kesehatan kepada khalayak kurang mampu.

Untuk keanggotaan TT, pihaknya tak memberi batasan usia, profesi maupun pembeda yang lain. Berbagai profesi dan latar belakang anggota, dihimpun jadi satu demi mewujudkan Bumi Wali yang menjunjung nilai sosial di mata umum. 

"Profesi dan latar belakang berbeda-beda, ada sopir, security, pelajar, mahasiswa, karyawan swasta, tenaga medis, relawan, wartawan, juru masak, dan lainnya. Banyak Mas hampir semua ada," ulasnya panjang lebar.

Selain itu, lanjut lelaki yang kerap disapa Fredrik itu menambahkan, para anggota TT yang tak terbatas oleh sekat-sekat ini juga memiliki 1 persamaan yang khas, yaitu sifat humoris.

Di Media Sosial (Medsos), pihaknya selalu membuat video-video pendek yang kocak dan lucu dengan joke segar. Dengan tetap mempertahankan adab masyarakat Tuban, biasanya mereka meluncurkan hal itu ketika Medsos sedang ramai, saling hujat antar nitizen. Namun begitu, tujuannya adalah membuat netizen terhibur, supaya tak terbawa suasana yang sedang panas, yang akhirnya membuat masyarakat pengguna medsos terpecah belah saling serang.

"Bukankah persatuan dan kesatuan lebih asyik? Seperti acara kirab budaya kemarin itu," terangnya mengingat Kirab Tuban lalu.

Harapan ke depan, pihaknya bisa membantu masyarakat yang belum mampu untuk meningkatkan kesejahteraan. Tidak hanya sekedar memberi bantuan, tapi juga memberi pelatihan-pelatihan semisal berwirausaha ataupun agenda lain. Dengan demikan, maka tercipta masyarakat yang mandiri, kreatif dan produktif. Lapangan kerja meningkat, dan angka kemiskinan pasti turun.

"Selain itu, kita bisa menghibur banyak orang yang akhirnya bisa berdampak pada semangat persatuan dan kesatuan, di kota Tuban khususnya," pungkas Fredrik. [feb/col]

Tag : komunitas, gerakan

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 14 November 2018 15:00

    Pelatihan Menulis Bersama EMCL dan Tempo Institute

    Tulisan Tiga Wartawan Bojonegoro Terbaik

    Tulisan Tiga Wartawan Bojonegoro Terbaik Selama tiga hari, mulai Senin hingga Rabu (12-14/11/2018), awak media dari Kabupaten Bojonegoro, Tuban dan Blora mengikuti pelatihan menulis feature/story telling dan digital marketing di Disaster Oasis, KM 21,5, Sleman,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 11 December 2018 21:00

    Musydes, Warga Cendoro Terima JUT

    Musydes, Warga Cendoro Terima JUT Dalam rangka meningkatkan pembangunan infrastuktur desa dilaksanakan Musyawarah Desa Pertanggungjawaban dan Serah Terima Pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) di Desa Cendoro, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban di balai desa setempat, Senin...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 10 November 2018 10:00

    Pengumuman: Seleksi dan Rekrutmen P2KTD PID Tuban

    Pengumuman: Seleksi dan Rekrutmen P2KTD PID Tuban Sehubungan dengan pelaksanaan Tahapan Program Inovasi Desa (PID) Tahun Anggaran 2018 di Kabupaten Tuban, maka Tim Inovasi Kabupaten (TIK) PID membuka seleksi dan rekrutmen Pengelola Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa...

    read more