12 Pasang Pengantin jalani Nikah Masal

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sedikitnya ada sebanyak 12 pasangan pengantin mengikuti Nikah Masal dalam rangka Hari Jadi Tuban (HJT) ke-725 yang diselenggarakan di Masjid Agung, Kabupaten Tuban, Selasa (13/11/2018).

Pantauan blokTuban.com, nikah masal yang diselenggarakan rutin setiap peringatan HJT tersebut turut dihadiri oleh Bupati Tuban, H. Fathul Huda dan Wakil Bupati Tuban, H. Noor Nahar Hussein serta Kepala Kemenag Tuban.

Dalam kesempatan itu Bupati Tuban menyampaikan, nikah masal dalam rangka HJT ini merupakan agenda rutin Pemkab Tuban setiap tahun. Tujuanya untuk meringankan beban masyarakat yang ingin menikah namun terkendala faktor biaya.

Oleh karena itu, dengan adanya nikah masal ini diharapkan Bumi Wali sebutan lain dari Kabupaten Tuban tidak ada lagi masyarakat yang menjalin hubungan rumah tangga namun tidak sesuai dengan syariat agama dan aturan negara.

"Pemkab Tuban memfasilitasi bagi mereka yang ingin menikah namun terkendala biaya, kedepan diharapkan tidak ada lagi masyarakat yang berumah tangga tidak sesuai dengan syariat agama," terang Bupati Tuban dalam acara tersebut.

Sementara itu salah satu peserta asal Semending, Raji (64) mengaku senang bisa mengikuti prosesi pernikahan masal yang diselenggarakan oleh Pemkab Tuban ini. Karena selain gratis juga diberi fasilitas yang lainnya.

"Senang bisa mengikuti prosesi nikah di sini," pungkas Raji. [hud/rom]