Kemenag Tuban: Buku Nikah 2019 Ada, Kartu Nikah Belum

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban, memastikan di tahun 2018 ini peluncuran Kartu Nikah yang rencananya akan segera dilakukan oleh Kementrian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI) akan dimulai dari kota-kota besar. Sedangkan untuk di Kabupaten Tuban dipastikan belum.

Bahkan, informasi yang dihimpun blokTuban.com dari Kemenag Kabupaten Tuban menyatakan bahwa Buku Nikah untuk tahun 2019 nanti telah sudah dan sudah didistribusikan di masing-masih Kantor Urusan Agama (KUA) di kecamatan.

"Kalau Buku Nikah 2019 sudah Ready, untuk Kartu Nikah masih belum," terang Kasi Bimbingan Masyarakat (Binmas) Kemenag Kabupaten Tuban, Muhammad Qosim, Senin (12/11/2018).

Lebih lanjut, mantan Kepala KUA Montong tersebut menjelaskan, penerbitan Kartu Nikah yang rencananya akan diterbitkan mulai akhir November 2018 ini akan dilakukan secara bertahap, yang dimulai dari kota-kota besar seperti DKI Jakarta.

"Penerbitan Kartu Nikah ini dilakukan secara bertahap, untuk sementara di Tuban masih menggunakan Buku Nikah," imbuhnya.

Diketahui, Kartu Nikah yang rencananya akan segera diluncurkan ini di dalamnya berisi tentang informasi pernikahan orang yang bersangkutan, seperti halnya Nama, Nomor Akta Nikah, Nomor Perforasi Buku Nikah serta Tempat dan Tanggal Nikah.

Di samping itu Kartu Nikah tersebut akan ada Kode Quick Response (QR) yang terhubung dengan aplikasi Sistem Informasi Nikah (Simkah). Simkah Web ini digunakan untuk meminimalisir pemalsuan Buku Nikah. [hud/col]