Warga Gununganyar Kembangkan Teh Mawar

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Jika umumnya kebanyakan teh diekstrak dari daun perkebunan Teh, beda halnya dengan minuman teh asal Desa Gununganyar, Kecamatan Soko ini, yakni Teh Mawar.

Minuman yang diekstrak melalui bahan asli potensi mawar lokal desa setempat, dibuat oleh para ibu-ibu yang terhimpun dalam kelompok TP PKK. Mawar yang dipetik dan pilih dari lahan tanam kebun Mawar, kemudian dikeringkan lebih dulu selama 1 hingga 2 hari. Setelah itu, baru dikombinasikan dengan bahan alami yang lain, seperti gula dan air.

Dari perpaduan bahan tersebut, cita rasa Teh Mawar dengan label minuman kesehatan keluarga itulah yang memunculkan nuansa alami nan segar. Cocok untuk melepas dahaga di tengah teriknya kondisi cuaca.

"Ini yang produksi kelompok PKK. Ya, sementara baru lingkup desa dulu. Belum sampai terjual luas," ujar Kepala Desa (Kades) Gununganyar, Ahmad Ridwan kepada blokTuban.com, Minggu (11/11/2018).

Dia juga menambahkan, meski belum mengepakkan sayap dalam pemasaran Teh Mawar, pihaknya terus memperkenalkan produk kepada masyarakat melalui berbagai event maupun pameran daerah.

"Selanjutnya kita masih pikirkan cara terbaik untuk pemasaran juga," pungkasnya. [feb/col]