Kali Pertama di Porkab 50 Atlit  Downhill Unjuk Kebolehan

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com – Untuk kali pertama, kejuaraan Sepeda Downhill digelar di ajang Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Tuban. Olahraga ekstrim itu diikuti sekitar 50 peserta lokal dari Tuban. Kejuaraan Downhill digelar Sabtu (10/11/2016) di trek perbukitan Gondang, Desa Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding. 

"Kejuaraan ini menarik karena ini adalah trek downhill pertama yang ada di Tuban," ujar Hanif salah seorang panitia.

Sementara, pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kabupaten Tuban, Binta Rohani mengatakan, ada tiga kelas yang akan diikuti peserta, yakni kelas youth (SD), kelas Junior (SMP/ SMA) dan kelas open atau terbuka bagi umum.

"Lima puluh peserta ini sudah bagus mengingat ini adalah penjaringan kita yang pertama di downhill," kata Binta.

Panitia, lanjut Binta, menyiapkan trek yang tergolong mudah di tahap awal. Karena tujuan diadakan even ini adalah mencari bibit-bit atlit downhill untuk dibina dan disiapkan di berbagai kejuaraan termasuk Porprov 2019 mendatang. 

Sedang Ketua Umum ISSI Kabupaten Tuban, Murtadji berharap even ini bisa menjadi awal kebangkitan olahraga downhill di Tuban. Sehingga muncul atlet-atlet baru yang berprestasi. Selain beberapa atlit sepeda yang terkenal sebelumnya, seperti Uyun Muziah dan Edi Keling.

"Selain atlet road bike, kami juga ingin melakukan pembinaan atlet downhill," jelas Murtadji.

Murtadji berharap, dukungan semua pihak agar kegiatan berjalan lancar, terutama pemerintah desa Prunggahan, yang menjadi lokasi kompetisi.

‘’Jalur yang digunakan direncanakan  akan menjadi lokasi digelarnya kompetisi Porprov 2019 nanti,’’ ungkap dia[pur/ono].