11:00 . Resmi, Kades Kablukan Dilaporkan Polisi   |   10:00 . Diawali Mahalul Qiyam, Pertamina Minta Doa Sukses Kelola Blok Tuban   |   09:00 . Menjadi Jurnalis Itu Indah   |   08:00 . Kades Kablukan Disebut Sering Ngaji Lewat Video   |   07:00 . 8 Pertanyaan yang Dibenci Pria Ketika Kencan   |   06:00 . Pagi Ini Kades Kablukan Bangilan Dilaporkan ke Polres   |   20:00 . Maulidurrosul, Desa Gesikharjo Pawai Ta'aruf   |   19:00 . Diduga Hujat Kiai, NU dan Banomnya di Medsos, Oknum Kades Minta Maaf   |   18:00 . Hadiri Acara Mlaku Bareng Kartar, Ini Pesan Ketua DPRD Tuban   |   12:00 . Peringati HJT ke-725 dan Hari Pahlawan, Kartar Montong Gelar Mlaku Bareng Berhadiah   |   10:00 . Persatu Gagal Tuan Rumah Babak 32 dan 16 Besar   |   09:00 . Polres Silaturrahim Dengan Alumni 212 Tuban   |   08:00 . Persatu Pesta Gol di Laga Ujicoba Vs Persikoba   |   07:00 . 8 Keuntungan Berstatus Jomblo   |   18:00 . Proyek Drainase, Wabup Temukan Adanya Keterlambatan Pembangunan   |  
Wed, 21 November 2018
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Friday, 09 November 2018 07:00

Minum Kopi Disebut Mampu Tekan Risiko Alzheimer dan Parkinson

Minum Kopi Disebut Mampu Tekan Risiko Alzheimer dan Parkinson

Reporter: -

blokTuban.com - Selain memiliki rasa yang nikmat, kopi pun mengandung berjuta manfaat. Salah satu temuan terkini menyimpulkan, meminum kopi secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit alzheimer dan parkinson di kemudian hari.

Riset yang dilakukan peneliti di Brain Institute, Kanada, menemukan, ada dampak menguntungkan bagi kesehatan berkat mengonsumsi kopi. Ada senyawa dalam kopi yang disebut fenilindan muncul selama proses roasting.

Nah, fenilindan tidak hanya menimbulkan rasa pahit pada kopi tetapi juga menghambat penggabungan protein beta amiloid dan protein tau. Kedua protein itu banyak ditemukan dalam otak pasien yang menderita alzheimer dan parkinson.

Menurut pendapat Dr Ross Mancini, seorang peneliti kimia medis yang turut serta dalam riset ini, temuan tersebut sangat penting terkait pencegahan penyakit degeneratif ini. "Ini pertama kalinya ada yang menyelidiki bagaimana fenilidan berinteraksi dengan protein yang terkait dengan alzheimer dan parkinson," katanya.

Menurut dia, langkah lanjutan yang perlu diambil adalah menyelidiki manfaat senyawa ini, serta menganalisis kemampuannya untuk memasuki aliran darah, atau melewati penghalang darah-otak. Dr Donald Weaver, co-director dari Brain Institute, juga menunjukkan pentingnya menggunakan bahan alami dalam penelitian.

Ia mengatakan, sumber daya alam adalah ahli kimia yang sangat bermanfaat. Selain itu, sumber daya alam juga mampu menghasilkan senyawa itu. “Riset ini telah mengambil bukti epidemiologi dan mencoba untuk memperbaikinya, serta menunjukkan adanya komponen dalam kopi yang bermanfaat untuk menangkal penurunan kognitif," ucap dia.

Dalam riset ini, peneliti menggunakan larutan ekstrak kopi dalam air, di mana kopi yang dipakai 100 persen kopi instan arabika. Hasil menunjukkan kopi yang dengan proses roasting tinggi memberi perlindungan paling besar terhadap penyakit alzheimer dan parkinson.

Namun, periset menyatakan masih memerlukan penelitian lebih lanjut sebelum kopi digunakan untuk perawatan medis. “Sangat menarik. Tetapi apakah kami menyarankan bahwa kopi adalah obat? Sama sekali tidak,” kata Weaver.


Sumber:  https://lifestyle.kompas.com/read/2018/11/09/105634520/
minum-kopi-disebut-mampu-tekan-risiko-alzheimer-dan-parkinson.

Tag : kopi, risiko

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 14 November 2018 15:00

    Pelatihan Menulis Bersama EMCL dan Tempo Institute

    Tulisan Tiga Wartawan Bojonegoro Terbaik

    Tulisan Tiga Wartawan Bojonegoro Terbaik Selama tiga hari, mulai Senin hingga Rabu (12-14/11/2018), awak media dari Kabupaten Bojonegoro, Tuban dan Blora mengikuti pelatihan menulis feature/story telling dan digital marketing di Disaster Oasis, KM 21,5, Sleman,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 10 November 2018 10:00

    Pengumuman: Seleksi dan Rekrutmen P2KTD PID Tuban

    Pengumuman: Seleksi dan Rekrutmen P2KTD PID Tuban Sehubungan dengan pelaksanaan Tahapan Program Inovasi Desa (PID) Tahun Anggaran 2018 di Kabupaten Tuban, maka Tim Inovasi Kabupaten (TIK) PID membuka seleksi dan rekrutmen Pengelola Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa...

    read more