16:00 . Setelah Lama Mati Suri, Hari Ini Pepadi Bangkit Kembali   |   15:00 . Sergab, Bulog Terima 70 Ton beras dari Petani   |   14:00 . Vendor Gathering, BPJS Sosialisasikan Program   |   13:00 . Bupati Fathul Huda Minta Pers Tetap Kritis   |   12:00 . Penjual Minuman Beralkohol di 3 Kecamatan Diminta Urus Ijin   |   10:00 . Duh...! Penjual Sate Simpan Arak Dalam Termos Nasi   |   09:00 . Turnamen Futsal Antar Instansi Meriahkan Puncak HPN PWI Tuban   |   08:00 . Pertamina EP Raih Best of The Best APQ Awards 2019   |   07:00 . Dua Alasan Kenapa Kita Suka Menunda-Nunda (dan Solusinya)   |   21:00 . Semen Indonesia Mulai Gelar Bimbingan Manasik Haji di Tuban   |   17:00 . Kodim 0811 Tuban Matangkan Persiapan Penutupan TMMD   |   16:00 . Hari Perdana UNBK, Siswa SMK Mengaku Grogi   |   15:00 . ULAR SANCA KEMBANG TERTANGKAP WARGA BANGILAN   |   14:00 . Surat Suara Pemilu 2019 Sudah Terpenuhi, Ini Jumlahnya   |   13:00 . Tuban Targetkan 840 Sekolah Ramah Anak di 2019   |  
Tue, 26 March 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Friday, 09 November 2018 07:00

Minum Kopi Disebut Mampu Tekan Risiko Alzheimer dan Parkinson

Minum Kopi Disebut Mampu Tekan Risiko Alzheimer dan Parkinson

Reporter: -

blokTuban.com - Selain memiliki rasa yang nikmat, kopi pun mengandung berjuta manfaat. Salah satu temuan terkini menyimpulkan, meminum kopi secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit alzheimer dan parkinson di kemudian hari.

Riset yang dilakukan peneliti di Brain Institute, Kanada, menemukan, ada dampak menguntungkan bagi kesehatan berkat mengonsumsi kopi. Ada senyawa dalam kopi yang disebut fenilindan muncul selama proses roasting.

Nah, fenilindan tidak hanya menimbulkan rasa pahit pada kopi tetapi juga menghambat penggabungan protein beta amiloid dan protein tau. Kedua protein itu banyak ditemukan dalam otak pasien yang menderita alzheimer dan parkinson.

Menurut pendapat Dr Ross Mancini, seorang peneliti kimia medis yang turut serta dalam riset ini, temuan tersebut sangat penting terkait pencegahan penyakit degeneratif ini. "Ini pertama kalinya ada yang menyelidiki bagaimana fenilidan berinteraksi dengan protein yang terkait dengan alzheimer dan parkinson," katanya.

Menurut dia, langkah lanjutan yang perlu diambil adalah menyelidiki manfaat senyawa ini, serta menganalisis kemampuannya untuk memasuki aliran darah, atau melewati penghalang darah-otak. Dr Donald Weaver, co-director dari Brain Institute, juga menunjukkan pentingnya menggunakan bahan alami dalam penelitian.

Ia mengatakan, sumber daya alam adalah ahli kimia yang sangat bermanfaat. Selain itu, sumber daya alam juga mampu menghasilkan senyawa itu. “Riset ini telah mengambil bukti epidemiologi dan mencoba untuk memperbaikinya, serta menunjukkan adanya komponen dalam kopi yang bermanfaat untuk menangkal penurunan kognitif," ucap dia.

Dalam riset ini, peneliti menggunakan larutan ekstrak kopi dalam air, di mana kopi yang dipakai 100 persen kopi instan arabika. Hasil menunjukkan kopi yang dengan proses roasting tinggi memberi perlindungan paling besar terhadap penyakit alzheimer dan parkinson.

Namun, periset menyatakan masih memerlukan penelitian lebih lanjut sebelum kopi digunakan untuk perawatan medis. “Sangat menarik. Tetapi apakah kami menyarankan bahwa kopi adalah obat? Sama sekali tidak,” kata Weaver.


Sumber:  https://lifestyle.kompas.com/read/2018/11/09/105634520/
minum-kopi-disebut-mampu-tekan-risiko-alzheimer-dan-parkinson.

Tag : kopi, risiko

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 04 March 2019 08:00

    Pondok Literasi

    Pondok Literasi Saat ini lagi gencar-gencarnya gerakan litersai. Di mana-mana ada komunitas baca, tadarus puisi dan dan bedah buku, yang arahnya untuk menumbuhkan cinta membaca. Baru sebagian kecil kegiatan di Kabupaten...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more