Korban Bencana Sulteng di Magersari Terima Bantuan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Korban bencana alam gempa bumi dan tsunami Palu-Donggala Sulawesi Tengah (Sulteng) yang mengungsi di Desa Magersari, Kecamatan Plumpang, Tuban mendapatkan bantuan berupa uang tunai, sembako, baju layak, dan material bangunan. 

Bantuan tersebut mengalir dari warga Nahdliyyin (Nahdlatul Ulama) yang dititipkan ke Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama (LAZISNU). Selain itu bantuan juga diterima dari Baznas Tuban. 

"Alhamdulillah hari ini kita dapat sedikit berbagi untuk warga Desa Magersari Kecamatan Plumpang yang terkena musibah gempa bumi dan Tsunami Palu Donggala Sulteng. Harapannya bisa mengurangi beban penderitaan mereka," kata ketua LAZISNU Tuban, Muhtarom Husnan kepada blokTuban.com, pasca penyaluran bantuan di balai Desa Magersari, Rabu (7/11/2018) siang.

Selain korban bencana, bantuan juga diterimakan kepada korban kebakaran rumah. Jumlah penerima bantuan disebutkan Muhtarom, totalnya ada 38 Kepala Keluarga (KK). 

Ditambahkan pria asal Plumpang itu, donasi Palu selain diserahkan langsung ke korban gempa yang ada di Tuban juga disalurkan ke lokasi bencana. Bantuan yang terkumpul dikirim melalui PWNU Jawa Timur. 

"Di samping kita serahkan lanngsung ke warga Tuban yang terkena musibah, bantuan juga kita serahkan ke PWNU Jatim sebagai induk NU Peduli korban gempa Palu dan Kemaslahatan Ummat," ucapnya menambahkan. 

Di kesempatan yang sama, Kepala Desa Magersari, Muhammad Widardi mengapresiasi bantuan yang diberikan kepada warganya. Pihaknya juga mendukung kegiatan pengumpulan donasi warga Nahdliyyin melalui UPZIS LAZISNU Desa Magersari.

"Semoga bantuan ini menjadi berkah, khususnya bagi warga Magersari yang terkena Musibah dan umumnya bagi warga Magersari yang memberikan donasinya ke UPZIS LAZISNU untuk disalurkan pada korban," kata Widardi.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Tuban beserta Banomnya, UPZIS LAZISNU Kecamatan Plumpang, LAZISNU Kabupaten Tuban, Baznas Kabupaten Tuban, Pemdes Magersari, dan Tagana Tuban. [rof/col]