22:00 . Hasil Klasemen Liga 2 Indonesia Jatim   |   20:00 . Upayakan Air Bersih, PRKP Adakan 2 Sumur Bor di Grabagan   |   19:00 . Razia Karaoke Ilegal, 3 PL Diamankan   |   18:00 . Selama Porprov, Pengunjung Wisata Capai 12 Ribu Lebih   |   17:00 . Awal Pembentukan Komisariat, IPNU-IPPNU Soko Beri Materi Kepemimpinan   |   15:00 . Bupati: Tugas Guru PAI Kenalkan Konsep Islam Rahmatan Lil 'Alamin   |   14:00 . Di Hari Keluarga, Sekda Tuban Ajak 3 Jam Abaikan Medsos   |   13:00 . Generasi Tuban Harus Dikenalkan Islam Ramah   |   12:00 . Musim Kemarau, Ribuan Warga Tumpengan di Sumber Mata Air Bektiharjo   |   09:00 . Polisi Ringkus Empat Pelaku Pengeroyokan di Warung Tuak Palang   |   08:00 . Hari Koperasi, Sekda: Manfaatkan Teknologi Digital   |   07:00 . Bosan Camilan dan Permen, Bingkisan Ulang Tahun Anak Ini Lebih OK   |   06:00 . Jemaah Haji Tuban Akan Dapat Menu 'Pedas Asin' di Tanah Suci   |   22:00 . Dialog Kemenag: Semua Agama Mengajarkan Kedamaian   |   21:00 . Masalah Rumah Pasutri Mentoro Diblokade Warga Sudah Beres   |  
Thu, 18 July 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 07 November 2018 11:00

Dewan Pendidikan Rumuskan Rekomendasi 10 Isu Penting Pendidikan

Dewan Pendidikan Rumuskan Rekomendasi 10 Isu Penting Pendidikan

Reporter: Sri Wiyono

blokTuban.com – Rembuk Daerah Pendidikan (RDP) yang digelar Dewan Pendidikan Kabupaten Tuban dengan melibatkan seluruh komponen pendidikan dan dunia usaha serta lembaga terkait berhasil menelurkan rekomendasi. Ada 10 isu penting terkait pendidikan di Bumi Wali yang dijaring.

‘’Rekomendasi itu kami susun dan kami serahkan pada Bupati untuk ditindaklanjuti,’’ ujar Wakil Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Tuban M. Syaichon yang memegang mandat  ketua Dewan Pendidikan selama Ketua Dewan Pendidikan Sutrisno Rachmat dalam masa pemulihan kesehatan pasca sakit.

Syaichon menjelaskan, 10 isu strategis itu di antaranya adalah; masih banyak tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang belum memenuhi standar kompetensi, banyak sarana dan prasarana pendidikan di satuan pendidikan dalam kondisi rusak serta tidak memadai. Juga masih banyak anak usia dini yang belum mendapat pendidikan dini atau PAUD.

Selain itu, banyak satuan pendidikan SD dan SMP yang belum memenuhi kebutuhan tenaga pendidik dan kependidikan, karena belum optimalnya pemerataan tenaga pendidik dan kependidikan.  Belum terbangun sinergitas tripusat pendidikan melalui mekanisme koordinasi dan kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan, dalam rangka penguatan pendidikan karakter.

Masalah penerimaan peserta didik baru (PPDB) yang masih terus muncul setiap tahun, adanya pertentangan kuota atau pagu sekolah negeri dan swasta, adanya dikotomi penyelenggaraan pendidikan umum dengan pendidikan luar sekolah, dan pendidikan luar biasa serta masih belum sinkronnya penyelenggaraan pendidikan yang diselenggarakan oleh Kemendikbud dan Kemenag.

‘’Masing-masing isu strategis itu sudah dibahas oleh kelompok, dan sudah muncul rekomendasi berdasarkan diskusi dalam kelompok terkait persoalan yang dibahas,’’ ungkapnya.

Mantan Ketua LP Ma’arif NU ini berharap rekomendasi yang dihasilkan dari RDP ini bisa ditindaklanjuti, sehingga dunia pendidikan di Tuban bisa lebih maju dan semakin baik. Sebab, rekomendasi itu merupakan gambaran dan curahan hati para pihak yang berada di dunia pendidikan.

‘’Ya rekomendasi itu gambarannya. Sekian banyak persoalan dunia pendidikan, setidaknya terangkum di rekomendasi itu. Kalau itu ditindaklanjuti, akan semakin bagus dunia pendidikan di Tuban ini,’’ tandasnya.[ono] 

 

Tag : dewanpendidikantuban, isupendidikan, Tuban, rembukdaerahpendidikan

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 15 July 2019 16:00

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers Media blokTuban.com mulai Senin (15/7/2019) resmi terverifikasi administrasi di Dewan Pers. Hal ini membuktikan bahwa portal media online ini, produk beritanya terpercaya dan mencerdaskan publik....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 21 April 2019 08:00

    Warisan Sejarah di Bumi Wali

    Warisan Sejarah di Bumi Wali Di Tuban banyak sekali wahana wisata yang memang sudah menjadi tujuan para wisatwan domestik maupun non domestik. Namun, sebenarnya bagaimana sih sejarah wisata yang ada di ujung barat Provinsi Jawa...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more