1,2 Persen Anak Usia 4-6 Tahun di Tuban Belum Sekolah

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dalam rangka Hari Kesatuan Gerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-46. Bupati Tuban, H. Fathul Huda mendorong kepada Tim Penggerak PKK Kabupaten Tuban untuk meningkatkan peran pemberdayaan terhadap masyarakat.

Salah satunya, peran pemberdayaan yang harus ditekankan adalah pemberdayaan dalam bidang pendidikan. Hal itu dikarenakan di Bumi Wali masih ada anak yang sudah berumur 4-6 tahun, namun belum mengenyam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

"Ada sekitar 1,2 persen anak usia 4-6 tahun di Kabupaten Tuban belum sekolah," terang Bupati Tuban dalam acara Puncak peringatan Bulan Bhakti Gotong-royong Masyarakat (BBGRM) ke-15 dan Hari Kesatuan Gerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-46, Rabu (7/11/2018).

Lebih lanjut Bupati kelahiran Montong itu menyebutkan bahwa jumlah anak usia 4-6 tahun di Kabupaten Tuban ada sekitar 50.000 anak, dan yang telah menikmati pendidikan PAUD ada sebanyak 98,8 persen sehingga masih ada 1,2 persen yang belum sekolah.

"Kurang lebih ada 550 anak usia 4-6 tahun belum sekolah, padahal PAUD ini pendidikan yang dasar pondasi yang harus kita perkuat," tandasnya.

Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada Tim Penggerak PKK Kabupaten Tuban, baik tingkat kecamatan maupun desa untuk meningkatkan peran pemberdayaan. Dengan mencari faktor yang menyebabkan anak tersebut belum sekolah.[hud/ito]