Tak Kunjung Dibenahi, Warga Sayangkan Tanggapan Rekanan

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Sejumlah bangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) berikut saluran irigasi yang ada di sekitar jalan poros Tangsari, Desa Ngadirejo, Kecamatan Rengel masih nampak terbengkalai sebab rusak tak karuan. Tak ayal, keadaan tersebut menuai banyak tanggapan dari masyarakat umum.

Banyak dari mereka yang menyayangkan sikap rekanan proyek, sebab tak kunjung ada tindakan maupun pembenahan ulang. Terlebih, sepekan akhir ini curah hujan mulai intens menyapa daerah rawan banjir itu.

"Ini sudah masuk musim hujan, kalau gak segera dibangun lagi ya alamat repot. Air hujan malah tumpah semua ke sawah," terang sakah satu warga, Damin kepada blokTuban.com, Selasa (6/11/2018).

Lebih lanjut dia menambahkan, pihak yang berkaitan dengan urusan itu secara langsung bukanlah pihak desa. Melainkan rekanan proyek yang berasal dari desa sebelah.

"Pekerjaan sejenis ini lingkupnya daerah. Daerah diserahkan ke pemenang proyek, jadi ya masih tanggungjawab rekanan lah Mas," tambahnya.

Jika sebelumnya telah diberitahukan oleh pihak PU Kabupaten Tuban, bahwa bangunan tersebut rusak sebab sering diterjang air khususnya saat musim penghujan, masyarakat tetap ingin secepatnya perihak itu diselesaiakan.

Warga masyarakat khususnya petani berharap, ke depan jika terdapat sebuah proyek yang berbasis sarana maupun fasilitas wilayah desa, kiranya diperhitungkan dengan matang antara kualitas dan ketahanan karya.

"Cepat diperbaiki lah harapan kita. Kasian para tani nanti, kalau hujan sudah benar-benar datang dengan lebat sampai banjir," tandasnya. [feb/ito]