Desa Margorejo Launcing Car Free Day Basis Batik

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kegiatan Pasar Batik Margorejo yang dikemas dengan kegiatan Car Free Day berbasis Batik Gedog resmi dibuka di Desa Margorejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Minggu (4/11/2018).

Acara pembukaan tersebut turut di hadiri oleh Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagaangan (Diskoperindag), Forkopimka Kerek, Kepala Desa beserta perangkatnya dan unsur kepemudaan yang ada di Kecamatan Kerek.

Kepala Desa Margorejo Junaedi mengatakan, kegiatan Pasar Batik ini dibuka langsung oleh Kepala Diskoperindag Tuban Agus Wijaya. Tujuan diselenggarakanya kegiatan ini untuk meningkatkan ekonomi desa serta untuk memperkenalkan Batik Gedog yang diproduksi warga desa setempat.

"Kegiatan ini baru dilauncing, harapanya bisa meningkatkan perekonomian desa. Karena sebagian besar warga adalah pengrajin batik," terang Junaedi kepada blokTuban.com.

Lebih lanjut dia menambahkan, dalam kegiatan pasar batik ini pihaknya melibatkan para pengrajin batik gedog serta Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Margo Makmur serta pelaku seni di Desa Margorejo.

"Karena basis kegiatan ini adalah batik kita libatkan pengrajin lokal Desa Margorejo," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Umum Organisasi Konservasi Adat dan Budaya Ranggalawe Kreatif Center, Satria Angga menambahkan kegiatan yang dimulai pukul 06.00 WIB-10 WIB ini terdiri dari 29 stand, 15 stand diantaranya menjual produk batik.

"Sementara ini ada 29 stand yang mengikuti pasar batik ini, sebagian besar menjual produk batik dan kuliner asli Desa Margorejo," pungkas Angga.[hud/ito]