550 Anak Belum Nikmati PAUD

Reporter: Sri Wiyono

 

blokTuban.com – Belum semua anak usia 4-6 tahun menerima pendidikan anak usia dini (PAUD). Sebab, sesuai data, dari puluhan ribu anak, baru 98,8 persen yang menikmati PAUD. Siasanya masih belum.

 

‘’Masih ada 1,2 persen atau sekitar 550 anak masih belum mengenyam PAUD,’’ ujar Bupati Tuban Fathul Huda, dalam seminar PAUD yang digelar pendopo Kridho Manunggal Tuban.

 

Karena itu, kata dia, Forum PAUD yang baru dibentuk diharapkan dapat mencari anak-anak yang belum bersekolah untuk dapat disekolahkan. Sehingga, anak-anak yang mestinya menerima PAUD itu bisa mendapatkan haknya.

 

Selaini itu, bupati asal Kecamatan Montong ini mengungkapkan, sebanyak 32 persen atau 1.500 guru PAUD belum mendapatkan tunjungan bulanan. Tugas Forum PAUD selanjutnya, menurut dia adalah meringankan persyaratan tunjangan, sehingga bisa membantu guru yang belum mendapatkan haknya.

 

“Permasalahan yang ada harus segera diselesaikan karena hal tersebut merupakan apresiasi kita terhadap guru anak usia dini," tegas bupati.

 

Sementara, Kurniawan, dari Forum PAUD menambahkan, pendidikan anak usia dini di Kabupaten Tuban terdiri dari TK berjumlah 528 lembaga dengan jumlah anak didik sebanyak 25.380 siswa dan 1911 guru. Sementara itu, untuk RA berjumlah 202 lembaga dengan 10217 siswa dan 887 guru. Sedangkan, untuk KB/TPA berjumlah 631 lembaga dengan 18499 siswa dan 1866 guru. 

 

Dia berharap, keberadaan Forum PAUD dan dukungan pemkab pada pendidikan anak usia ini semakin memajukan PAUD, sehingga Tuban menjadi kabupaten yang maju. Sehingga sebutan dan predikat Tuban sebagai Kabupaten Ramah Anak, benar-benar sesuai.[ono]