Inagara Award untuk Bumi Wali

Reporter: Sri Wiyono

 

blokTuban.com – Pengakuan atas kinerja pemkab Tuban dari pemerintah pusat terus berdatangan. Setelah penghargaan di bidang peternakan, di bidang inovasi pemerintah pusat juga mengakuinya. Tahun ini, pemkab Bumi Wali menerima Inagara (Inovasi Administrasi Negara) Award  dari Lembaga Administrasi Negara (LAN).

 

Penghargaan itu diberikan atas komitmen dan semangat  Bupati Tuban dalam mendorong dan menginspirasi inovasi di setiap organisasi perangkat daerah (OPD). Penghargaan ini diterima langsung Bupati Tuban Fathul Huda dari  Kepala LAN, Dr. Adi Suryanto, M.Si, pada  “Forum Replikasi Inovasi” di Jakarta.  Acara ini dihadiri oleh 200 an orang pemerhati dan pelaku inovasi sektor publik.

 

 ‘’Acara ini di gedung Makarti Bhakti Nagari-LAN Pejompongan. Kepala Disparbudpora, Kepala Diskoperindag, Kepala Dispemas dan Desa, Kabag Kabag Organisasi dan Kabag Humas Setda Tuban ikut mendampingi,’’ ujar Kepala Bagian Humas dan Protokol Rohman Ubaid, Jumat (2/11/2018).

 

Ubaid menambahkan, Ketua Pelaksana, Dr. Tri Wibowo Wahyu Utama, SH, MA. menyampaikan bahwa  penghargaan itu diberikan kepada kabupaten/kota yang berkomitmen tinggi terhadap inovasi. Juga mengaktualisasikan komitmen inovasi sampai tingkat OPDdan secara faktual telah melaunhcing pelaksanaannya.

 

‘’Menurut Kepala LAN, seiring dengan tantangan jaman sekarang ini, tumbuh kembang inovasi adalah hal mutlak yang harus dilakukan, sehingga LAN memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bupati / Walikota yang telah berkomitmen tinggi terhadap inovasi untuk percepatan pembangunan di semua sector,’’ katanya.

 

Penghargaan Inagara Award itu, kata Ubaid, bertujuan untuk memotivasi semua daerah di Indonesia untuk terus berinovasi terutama pada bidang pelayanan publik. 

 

“Penyelenggara layanan publik saat ini memang dituntut memberikan pelayanan prima untuk memberikan kepuasan kepada masyarakat. Daerah yang menerima penghargaan ini bisa menjadi rujukan bagi daerah lain untuk meniru atau replikasi inovasi-inovasinya," tandas dia.[ono]