87 Waranggono Tuban Jalani Prosesi Wisuda di Pemandian Bektiharjo

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sedikitnya terdapat sebanyak 87 Waranggono Kesenian Langin Tayub mengikuti prosesi Wisuda Waranggono yang diselenggakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban di Pemandian Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kamis (1/11/2018).

Prosesi wisuda waranggono yang menjadi agenda tahunan setiap perayaan Hari Jadi Kabupaten Tuban (HJT) tersebut, dibuka langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Tuban Noor Nahar Hussein dengan pemukulan alat musik tradisional gong di area Pemandian Bektiharjo.

Dalam sambutanya, Wabup mengatakan, kegiatan prosesi Siraman Waranggono di Pemandian Bektiharjo ini merupakan agenda tahunan Pemkab Tuban dalam rangka Hari Jadi, selain itu kegiatan ini juga marupakan upaya untuk melestarikan kesenian yang ada di Kabupaten Tuban.

"Kesenian budaya ini merupakan salah satu ciri khas kita, sekaligus warisan leluhur kita sehingga perlu dilestarikan," terang Wabup dalam sambutanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban, Sulistyadi mengungkapkan, pada kegiatan Siraman Waranggono tahun ini ada sebanyak 87 Waranggono dan 68 Pramugari yang di wisuda.

"Siraman Waranggono ini ada sebanyak 87 Waranggono, 9 di antaranya Waranggono baru dan sebanyak 68 pramugari yang di wisuda," imbuh pria yang akrab disapa Didit itu. [hud/rom]