Musim Kemarau, Cabai Berkualitas Hanya di Wilayah Cukup Air

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Pada musim kemarau, tanaman cabai juga membutuhkan air yang cukup untuk memaksimalkan kualitas dan tumbuh kembang tanaman. Akan tetapi, hal demikian hanya bisa diperoleh di wilayah ataupun lingkungan cukup air.

Dinas Pertanian Kabupaten Tuban, melalui Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan dan Holtikultura mengungkapkan secara langsung, tentang klasifikasi serta keunggulan produk cabai saat berada di rentang musim kemarau.

"Cabai saat ini sedang bagus-bagusnya dibanding ketika proses tanam di musim penghujan. Namun, kondisi itu hanya berlaku di wilayah tanam cukup air," terang Lamidi SP selaku Kabid Perkebunan dan Holtikultura Dinas Pertanian Kabupaten Tuban, Rabu (31/10/2018).

Realitanya, sambung Lamidi, bisa dijumpai langsung di lokasi tanam. Wilayah cukup air, seperti di Kecamatan Jenu dan wilayah pasokan air yang dicukupi oleh aliran Sungai Bengawan Solo membuktikan hasil yang cemerlang.

"Kalau wilayah perbukitan ya ada tanaman cabai, tapi tergantung suplai airnya. Rata-rata jika kekurangan air dan terkena panas berlebih, cabai akan kusut dan kering," pungkasnya.

Selain itu, guna menjaga kesuburan tanaman, petani juga bisa menambahkan sejumlah nutrisi dan vitamin penunjang kualitas produk cabai yang unggul. [feb/rom]