18:00 . Polres Amankan Terduga Pelaku Curanmor 19 Kali dengan Timah Panas   |   16:00 . Diskoperindag Akan Kroscek Keluhan Terkait Petugas Jaga Pasar   |   13:00 . Dinsos P3A Prioritaskan Berdayakan Disabilitas dengan Keahlian   |   12:00 . 2018, Angka Disabilitas Meningkat   |   11:00 . Nikmati Kontur Lembut Daging Rajungan di Sumberagung   |   10:00 . Fresh dan Kekinian, Begini Ikon Baru Bulurejo   |   09:00 . Januari, RSUD dr. Koesma Tuban Tangani 35 Pasien DB   |   08:00 . Catat....! Ini Tahapan Pilkades Serentak 2019 di Tuban   |   07:00 . Langkah Sederhana untuk Hidup Lebih Sehat   |   18:00 . 2018, Pelanggaran Disiplin PNS Menurun   |   17:00 . Campus Fast Solusi Kenalkan Perguruan Tinggi ke Siswa   |   16:00 . 2018 Realisasi Pendapatan Parkir Berlangganan Lebihi Target   |   15:00 . Wabup Tekankan Pengurangan Risiko Bencana   |   14:00 . Bantu Siswa Pilih Kampus, MGBK Adakan Camp Fast   |   13:00 . Ingin Buat Road Map, Wabup Kujungi Tempat Wisata Bumi Wali   |  
Sat, 19 January 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tuesday, 30 October 2018 15:00

Tuban Segera Menuju Smart City Integrated Government

Tuban Segera Menuju Smart City Integrated Government

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com – Wakil Bupati Tuban,  Noor Nahar Hussein menekankan jajaran Pemkab Tuban  segera tercipta intergrasi lintas Organisasi Perangkat Daerah (integrated goverment) pada pelaksanaan smart city.

Hal tersebut diungkapkan saat memberi pengarahan pada kegiatan Bimbingan Teknik Penyusunan Masterplan Smart city dan Quick Win Program Unggulan tahap 1, di ruang rapat Setda Tuban, Selasa (3/10/2018).

Tampak hadir pada kegiatan ini, Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Ir. Hery Abdul Aziz M.Eng, serta pimpinan OPD dan Camat se Kabupaten Tuban.

“Pada tahap awal ini, program dari tiap OPD dapat terintegrasi, baru setelah itu dapat memberikan pelayanan publik secara maksimal,” ungkap Wabup.

Terintegrasinya program dari setiap OPD dapat menghemat sumber daya, dan diutamakan pada program-program aplikatif dapat segera diterapkan.

Selain itu, perusahaan yang beroperasi di wilayah Bumi Wali  diharapkan ikut terlibat memberikan keterbukaan pada informasi umum. Hal itu akan memudahkan publik untuk mengakses data yang diperlukan.

Demi terwujudnya smart city, Wabup menghimbau kepada Dewan,  dan tim pelaksana melakukan study banding ke kota yang sudah menerapkan smart city dengan baik.

 “Bila memang diperlukan study banding dapat dilakukan dengan catatan kota yang dituju memiliki karakteristik sama dengan Kabupaten Tuban, dan berpengalaman dalam penerapan smart city,” imbuh politisi PKB Tuban itu.

Pada kegiatan yang diikuti 91 orang ini, Wabup dua periode ini juga menyampaikan terima kasih kepada jajaran Kominfo, Kemendagri dan Bapenas RI atas dipilihnya Tuban sebagai salah satu dari 50 kabupaten/kota di Indonesia yang terpilih untuk diterapkan smart city pada tahun 2018.

Sementara itu, Staf Ahli Kominfo RI, Hery Abdul Aziz, menyampaikan output dari penerapan smart city tahap pertama adalah terciptanya program-program yang dapat segera dikembangkan. Di samping itu, Kominfo bekerja sama dengan Kompas Gramedia dan Indosat dalam rangka penerapan smart city.

Alumnus dari Nagoya of Institute of Technology Jepang ini menambahkan, perlunya koordinasi dan komunikasi untuk mewujudkan hal tersebut.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tuban, Ir. Hery Prasetyo, MM., menuturkan, semua subdomain website milik desa se-Kabupaten Tuban sudah terdaftar.

“Hanya lima kabupaten di Indonesia yang tiap desa subdomainnya terdaftar, termasuk Kabupaten Tuban,” terang Hery.

Saat ini, pihaknya tengah memetakan program-program milik OPD untuk dijadikan satu portal.  Di antaranya smart health, smart education, dan smart village. [pur/ito]

Tag : smart city, tuban

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 03 January 2019 16:00

    Raker BMG 2019

    GM Bacakan SK, Inilah Leader Baru di Redaksi bB dan bT

    GM Bacakan SK, Inilah Leader Baru di Redaksi bB dan bT Dalam rangka menjalankan roda perusahaan di bawah naungan Blok Media Grup (BMG) dengan semangat mengawali tahun 2019 ini, ada penyegaran yang dilakukan pada anak-anak perusahaan BMG, termasuk dalam redaksi blokBojonegoro.com...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 10 November 2018 10:00

    Pengumuman: Seleksi dan Rekrutmen P2KTD PID Tuban

    Pengumuman: Seleksi dan Rekrutmen P2KTD PID Tuban Sehubungan dengan pelaksanaan Tahapan Program Inovasi Desa (PID) Tahun Anggaran 2018 di Kabupaten Tuban, maka Tim Inovasi Kabupaten (TIK) PID membuka seleksi dan rekrutmen Pengelola Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa...

    read more