Listrik Minim, Kegiatan Belajar Anak di Dermalang Terganggu

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kurangnya daya listrik untuk warga yang berada di Dusun Endromalang (Dermalang) Desa Mlangi, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban mengakibatkan warga di dusun setempat tidak bisa menyalakan alat elektronik saat malam hari.

Kondisi seperti itu juga mengakibatkan proses belajar anak di dusun tersebut yang selama ini berlangsung juga terganggu. Hal itu terjadi lantaran saat malam hari listrik sering menyala redup dan tak sedikit listrik milik warga yang menyala lalu mati.

Salah satu siswi kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Tarbiyatul Islamiyah Dusun Dermalang, Alfi mengungkapkan, untuk proses belajar saat malam hari dia bersama teman-temannya menggunakan listrik yang ada batrainya Hal itu untuk menghindari mata saikt karena listrik menyala redup.

"Untuk belajar malam hari biasanya ya menggunakan lampu seperti ini, karena lampu untuk penerangan di rumah sering kedip-kedip," terang Alfi saat ditemui blokTuban.com.

Alfi berharap, agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban memperhatikan keadaan yang ada di Dusun Dermalang, Desa Mlangi yang masih belum taliri listrik secara layak. "Harapannya listrik di sini bisa maksimal, sehingga menjadi terang," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Mlangi, Kusnan saat dikonfirmasi blokTuban.com mengungkapkan telah melakukan upaya agar di dusun yang dipimpinnya tersebut dapat terlayani daya listrik yang layak.

"Alhamdulillah meski belum layak, namun Dusun Dermalang sudah teraliri listrik. Kami juga terus melakukan upaya agar listrik di dusun tersebut terpenuhi dengan baik, salah satunya dengan pemilik tanggul Bengawan Solo yang merupakan pemilik akses jalan menuju ke dusun," pungkasnya.[hud/col]