Harga Fluktuatif, Cabai Tetap Jadi Prioritas Tanam Petani Tuban

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Komoditas tanaman cabai di Kabupaten Tuban memiliki angka tanam yang cukup mendominasi. Selain hasil tanam non pokok, seperti tanaman padi dan jagung, ladang cabai dapat ditemui di berbagai wilayah Tuban.

Hal tersebut diutarakan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Tuban melalui Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan dan Holtikultura. Aneka jenis cabai seperti cabai grendel, cabai pluntir, serta cabai rawit dan keriting memang memiliki nilai jual yang fluktuatif.

"Memang relatif naik turun, tapi justru cabai lebih dominan di Kabupaten Tuban," terang Kabid Perkebunan dan Holtikultura, Lamidi SP kepada blokTuban.com, Senin (29/10/2018).

Ditambahkannya lagi, tanaman buah dan tumbuhan anggota jenis genus capsicum itu tersebar di semua wilayah kecamatan se-Kabupaten Tuban. Namun, tingkat mayoritas tanam ada di wilayah Kecamatan Jenu, sekitar Desa Wadung.

"Tertinggi ada di Kecamatan Jenu. Ya, meski relatif naik turun tiap waktu, kualitas panen cabai di sana bagus. Daerah lain keseluruhan juga hampir sama," imbuhnya.

Disisi lain, pihaknya juga memperkirakan bahwa peralihan tanam di musim yang akan datang, juga berpengaruh pada tanaman perkebunan lain, seperti buah jeruk, belimbing, jambu, dan kelengkeng.

"Dekat ini, kelengkeng sedang naik daun," pungkasnya. [feb/col]