Cukupi Kebutuhan Air Masyarakat Lewat Sendang Ngerong

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Selain basis wisata alam, Sendang Ngerong di Desa Gununganyar, Kecamatan Soko selalu mensuplai kebutuhan air bersih seluruh warga desa setempat.

Mulai dari kebutuhan pengairan lahan pertanian, mandi cuci, hingga konsumsi sehari-hari, sumber mata air sendang dikelola Perusahaan Air Minum (PAM) untuk di distribusikan ke rumah-rumah warga.

Kepala Desa (Kades) Gununganyar, Ahmad Ridwan mengungkapkan, bahwa pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) di desanya harus selalu dioptalkan penuh. Peran masyarakat dalam pembangunan serta kesejahteraan bersama, juga diperlukan di dalamnya.

"Untuk distribusi air warga desa, Alhdulillah dari Sendang Ngerong saja sudah cukup," ujar Kades kepada blokTuban.com, Senin (29/10/2018).

Lebih dari itu, sambung Kades, jika kebanyakan dari sumber mata air di wilayah lain mengalami penyusutan drastis, debit maupun volume air Sendang Ngerong selalu terisi stabil.

Adanya perawatan lingkungan, dibarengi penanaman pohon sekitar perbukitan wilayah desa, menjadi salah satu faktor stabilitas kadar air. Alhasil, sepanjang awal musim kemarau sampai pergantian musim penghujan, seluruh kebutuhan air warga dicukupi penuh oleh fungsi sendang.

"Kita bersyukur, sepanjang kemarau stok air untuk desa ini sangat cukup. Mudah-mudahan keadaan ini terus terjaga," pungkasnya. [feb/ito]