Pemuda Karangsari Menggelar Aksi Gentung Sampah di Atas Jembatan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Usai menggelar upacara Hari Sumpah Pemuda di sungai Mangunjoyo, Kelurahan Karangsari. Belasan pemuda melanjutkan aksinya dengan menggantungkan sampah diatas Jembatan Mangunjoyo Jalan Panglima Sudirman, Tuban.

Mereka sempat menjadi perhatian para pengguna jalan yang kenetulan melintas,  lantaran dalam aksi damai itu mereka juga menempelkan beberapa atribut yang bertuliskan harapannya agar sungai Mangunjoyo yang selama ini penuh dengan sampah bisa bersih.

Koordinator Lapangan Aksi (Korlap Aksi) Muhammad Gigi Darmawan mengatakan, aksi damai menggantungkan sampah di atas jembatan ini sebagai bentuk protes kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban yang tidak segera merealisasikan pengerukan sungai Mangunjoyo.

"Ini merupakan bentuk protes kami terhadap Pemkab Tuban yang tidak segera merealisasikan janjinya," terang Gigih kepada blokTuban.com, Minggu (28/10/2018).

Lebih lanjut dia mengaku, selama ini warga Kelurahan Karangsari terutama para pemuda telah rutin kerja bakti untuk membersihkan sungai setiap minggu. Namun upaya warga tersebut tidak sebanding dengan warga di hulu sungai yang membuang sampah di sungai.

"Setiap Minggu kita selalu membersihkan sampah dengan gotong-royong, tapi tidak selesai-selesai," tandasnya.

Dia berharap, supaya Pemkab Tuban atau dinas terkait segera melakukan pengerukan atau normalisasi sungai Mangunjoyo, karena kalau tidak dikeruk kondisi sungai akan begini-begini terus bahkan keberadaan sampah akan semakin menumpuk.[hud/ito]