11:00 . Resmi, Kades Kablukan Dilaporkan Polisi   |   10:00 . Diawali Mahalul Qiyam, Pertamina Minta Doa Sukses Kelola Blok Tuban   |   09:00 . Menjadi Jurnalis Itu Indah   |   08:00 . Kades Kablukan Disebut Sering Ngaji Lewat Video   |   07:00 . 8 Pertanyaan yang Dibenci Pria Ketika Kencan   |   06:00 . Pagi Ini Kades Kablukan Bangilan Dilaporkan ke Polres   |   20:00 . Maulidurrosul, Desa Gesikharjo Pawai Ta'aruf   |   19:00 . Diduga Hujat Kiai, NU dan Banomnya di Medsos, Oknum Kades Minta Maaf   |   18:00 . Hadiri Acara Mlaku Bareng Kartar, Ini Pesan Ketua DPRD Tuban   |   12:00 . Peringati HJT ke-725 dan Hari Pahlawan, Kartar Montong Gelar Mlaku Bareng Berhadiah   |   10:00 . Persatu Gagal Tuan Rumah Babak 32 dan 16 Besar   |   09:00 . Polres Silaturrahim Dengan Alumni 212 Tuban   |   08:00 . Persatu Pesta Gol di Laga Ujicoba Vs Persikoba   |   07:00 . 8 Keuntungan Berstatus Jomblo   |   18:00 . Proyek Drainase, Wabup Temukan Adanya Keterlambatan Pembangunan   |  
Wed, 21 November 2018
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sunday, 28 October 2018 15:00

Harga Cabai Fluktuatif Tiap Waktu Petani Resah

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Naik turunnya harga jual produk hasil tanam petani ke pasaran pemborong, sering kali memicu kebingunangan petani di beberapa wilayah. Salah satunya tanaman cabai. Pasalnya, hampir setiap waktu dalam hitungan jam saja harga komoditas dapur itu bisa membumbung, kemudian anjlok drastis tanpa kontrol.

Hal tersebut banyak diutarakan para petani yang berada di wilayah selatan Tuban, seperti Kecamatan Grabagan, Rengel, sampai ujung selatan Kecamatan Soko. Ya, hampir sebagian besar wilayah tadi tengah banyak ditemui hasil tanam cabai dengan kisaran harga yang beda pula.

"Salah waktu pas jual bisa rugi. Pagi, harga satu kilo bisa sampai Rp25.000 per kilo, siang sampai sore bisa anjlok jadi Rp15.000. Kadang juga naik turun seharian," ujar Yongki, penjual cabai di Kecatamatan Grabagan, Minggu (28/10/2018).

Lebih dari itu, sebab-sebab harga jual cabai tak stabil tiap waktu tersebut banyak menuai dugaan darinya. Adapun salah satu alasan klasik, ialah jumlah stok yang membludak. Padahal, wilayah-wilayah di Kabupaten Tuban pada cuaca kering demikian tak sedikit pula yang menanam cabai, juga memiliki bos dan pemborong pusat masing-masing.

"Apa pengaruh musim ya. Musim politik, jadi jual beli hasil tanam juga dipolitiki. Perlu perhitungan matang kalau begini," ujarnya menyinggung soal manajemen harga area pemborong pusat.

Terpisah, petani cabai di Kecamatan Soko juga menuturkan hal senada. Naik turunnya hasil tanam salah satu komoditas dapur itu tak bisa dipandang remeh. Sebab, perhitungan antara biaya tanam, perawatan, dan harga jual produk tanam harus membuahkan hasil untung.

"Harga yang beda di setiap wilayah, kadang dipengaruhi pemborong juga. Tapi ya kasihan kalau keseringan turun, kalau pertanaian sektor cabai biayanya lumayan lho," ungkap Yusuf kepada blokTuban.com. [feb/lis]

Tag : harga, cabai, petani

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 14 November 2018 15:00

    Pelatihan Menulis Bersama EMCL dan Tempo Institute

    Tulisan Tiga Wartawan Bojonegoro Terbaik

    Tulisan Tiga Wartawan Bojonegoro Terbaik Selama tiga hari, mulai Senin hingga Rabu (12-14/11/2018), awak media dari Kabupaten Bojonegoro, Tuban dan Blora mengikuti pelatihan menulis feature/story telling dan digital marketing di Disaster Oasis, KM 21,5, Sleman,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 10 November 2018 10:00

    Pengumuman: Seleksi dan Rekrutmen P2KTD PID Tuban

    Pengumuman: Seleksi dan Rekrutmen P2KTD PID Tuban Sehubungan dengan pelaksanaan Tahapan Program Inovasi Desa (PID) Tahun Anggaran 2018 di Kabupaten Tuban, maka Tim Inovasi Kabupaten (TIK) PID membuka seleksi dan rekrutmen Pengelola Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa...

    read more